Psychology Welcoming Psytroopers (PWP 2027)

Psychology Welcoming Psytroopers (PWP) 2027 merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Psikologi (HIMPSIKO), khususnya dalam naungan Badan Pengembangan Organisasi dan Kemasyarakatan (BPOK), guna menyambut mahasiswa baru Binusian 2027 Jurusan Psikologi BINUS University. Tujuan diadakannya PWP 2027 adalah untuk memperkenalkan keluarga Jurusan Psikologi BINUS University kepada mahasiswa barunya, serta menciptakan tali persaudaraan yang baru dengan alumni dan antar sesama mahasiswa aktif Jurusan Psikologi BINUS University. Selain itu, PWP 2027 juga memperkenalkan HIMPSIKO serta mewadahi mahasiswa baru dalam beradaptasi dan membuat teman baru di lingkungan yang baru. Dengan bergembira, PWP 2027 telah dilaksanakan pada hari Minggu tanggal 10 September 2023 di Sports Hall BINUS Kemanggisan Kampus Syahdan secara onsite

Pada tahun ini, PWP 2027 mengangkat tema “Upbeat yang dilatar belakangi oleh perpaduan karya seni musik melalui unsur-unsurnya, seperti irama, melodi, nada, dan lain lain. “Upbeat” sendiri merupakan salah satu unsur yang penting dalam musik yang berartikan sebuah pukulan yang tidak keras. Oleh karenanya, “Upbeatmerepresentasikan sebagai seorang individu yang mempunyai pemikiran yang optimis. Hal itu membuat PWP 2027 menargetkan mahasiswa untuk bisa selalu menjadi orang yang optimis dalam masa perkuliahan yang akan mereka hadapi. Sikap yang optimis sangat diperlukan oleh seluruh mahasiswa, terutama mahasiswa baru untuk dapat beradaptasi dan survive di tahun pertama perkuliahan. Dengan demikian, para mahasiswa baru dapat membangun hubungan yang harmonis dari segala perbedaan yang ada guna menciptakan sebuah keserasian layaknya sebuah musik, serta para mahasiswa baru dapat memiliki kebahagiaan dan semangat untuk menjalin kebersamaan satu sama lain. 

Terdapat berbagai macam rangkaian acara PWP 2027 yang sangat informatif bagi Pstroopers 2027. Rangkaian acara PWP 2027 diawali dengan kata sambutan dan pesan singkat dari Kak Dr. Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A. selaku Sekretaris Jurusan Psikologi BINUS University Area Kemanggisan dan juga selaku perwakilan dari Jurusan Psikologi BINUS University. Kemudian, acara dilanjutkan dengan materi dari Kak Najwa Fakhriyahputri Feriyanto dan Kak Rahadatul Aisy Nur Rifa selaku Mahasiswa Berprestasi Jurusan Psikologi BINUS University mengenai perilaku productivity dan procrastination individu. Setelah sesi penyampaian materi yang sangat bermanfaat untuk para Psytroopers 2027, acara dilanjutkan dengan sesi pengenalan HIMPSIKO secara garis besar, pengenalan anggota, serta penjelasan untuk setiap bagian ataupun departemen yang ada di HIMPSIKO (BPOK, BPKK, BKO, BANKEWIR, dan BANINFO). Kemudian, kegiatan pengenalan juga dilakukan oleh pihak Ikatan Lembaga Mahasiswa Psikologi Indonesia (ILMPI) wilayah II dengan memperkenalkan ILMPI secara garis besar dan penjelasan terkait bagian maupun departemen yang ada di dalamnya. Tak kalah seru, selanjutnya terdapat sharing session bersama kakak-kakak alumni HIMPSIKO serta Jurusan Psikologi BINUS University terkait pengalaman berkuliah, pengalaman berorganisasi, serta cerira terkait representasi kehidupan di dunia kerja. Selanjutnya, terdapat kegiatan sharing bersama alumni seputar pengalaman berkuliah di Psikologi BINUS, saat berorganisasi di HIMPSIKO, serta membagikan cerita tentang kehidupan di dunia kerja. Selanjutnya, acara berjalan semakin meriah dengan adanya penampilan yel-yel dari setiap kelompok Psytroopers 2027 dengan sangat kreatif dan semangat. Kemudian, acara dilanjutkan dengan penampilan yel-yel dari setiap kelompok Psytroopers B27. Sebagai bagian dari kegiatan relaksasi dari PWP 2027, terdapat penampilan yang mengagumkan dari Psydance dan Anima Musica yang merupakan dua dari banyaknya komunitas yang ada di Badan Kreativitas, Seni, dan Olahraga (BKO) HIMPSIKO. Terakhir, acara ditutup dengan adanya permainan yang seru dan menantang berjudul “Melody in Ropes“. 

Dengan diadakannya acara PWP 2027 ini, diharapkan dapat menjadi sarana bagi para mahasiswa baru untuk mencari teman baru, beradaptasi di lingkungan baru, serta membuat relasi baru dengan segenap keluarga Jurusan Psikologi BINUS University dan para alumninya.

Sekian mengenai acara Psychology Welcoming Psytroopers (PWP) 2027, sampai bertemu kembali di Psychology Welcoming Psytroopers (PWP) 2028!

 

Gambar 1. Foto bersama Psytroopers 2027 dengan HIMPSIKO 2023

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 2. Dokumentasi kegiatan talk show yang disampaikan oleh Kak Najwa Fakhriyahputri F. dan Kak Rahadatul Aisy Nur R.

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 3. Dokumentasi kegiatan pengenalan  HIMPSIKO yang disampaikan setiap departemen dari HIMPSIKO.

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 4. Dokumentasi kegiatan pengenalan ILMPI Wilayah II. 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 5. Dokumentasi kegiatan game “Melody In Ropes

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Gambar 6. Dokumentasi Foto Bersama antara LO Bekasi Kemanggisan dengan Peserta PWP 2027.