Make up dapat mempengaruhi Psikologi manusia

Haii teman-teman Psikopedia!!

Kalian tahu tidak kalau ternyata makeup bisa mempengaruhi psikologi pada manusia loh! Oke, untuk yang belum tahu mari Simak penjelasan aku yah!

Sebelum berbicara tentang make up, aku ingin menjelaskan apa itu self-esteem. Nah, self-esteem adalah suatu pandangan yang subjektif pada diri sendiri, dengan istilah menghargai diri dan menggambarkan nilai diri pada seseorang secara keseluruhan.

Nah, sekarang apa sih itu makeup? Makeup adalah suatu produk yang dapat digunakan di wajah, kulit, rambut pada manusia untuk tampil berbeda. Lalu Makeup ini memang sudah ada sejak mesir kuno sekitar 10.000 sebelum Masehi.

Ada apa sih dengan trend konten Makeup ?

Make up dapat mempengaruhi tingkat kepercayaan dalam diri manusia yang membuatnya tampil mempesona. Dengan adanya banyak sekali konten creator makeup yang sering kita lihat, mereka tidak semata-mata hanya untuk membuat konten saja, tetapi secara tidak sadar mereka membuat konten juga untuk memenuhi kebutuhan psikologis di dalam dirinya.

Berdasarkan penelitian makeup itu memiliki 2 fungsi psikologis, yaitu untuk menggoda dan menutup-nutupi. Fungsi rayuan berarti seseorang menggunakan makeup untuk mempercantik dirinya atau menambah rasa kepercayaan dalam dirinya serta memperbaiki mood terhadap dirinya. Sedangkan fungsi makeup kamuflase berarti seseorang menggunakannya untuk menutupi ketidaksempurnaan pada dirinya.

Lalu, makeup juga dapat menjadi alat untuk mengekspresikan diri. Seorang penatas rias dapat membuat sebuah riasan untuk terlihat cantik dengan menumbuhkan kepribadiannya dengan makeup yang lebih kreatif dan inovatif.

Oleh karena itu, para konten creator makeup sering membuat video trend makeup yang menarik serta makna psikologi didalamnya karena ingin tampil berbeda, cantik, serta mengekspresikan diri sendiri secara umum dengan hasil makeup yang kreatif dan inovatif untuk diperlihatkan oleh khalayak banyak yang bertujuan untuk masyarakat yang menonton dapat menginspirasi tutorial dari hasil makeup serta timbul rasa bangga pada dirinya.

Manfaat menggunakan makeup untuk Kesehatan mental:

1.         Mengatasi depresi ataupun kecemasan dalam dirinya.

2.         Mengontrol pikiran yang negatif.

3.         Membantu mengeluarkan jiwa kreativitasnya.

4.         Membuat mood meningkat dengan memberikan makeup pada wajahnya.

5.    Dapat membantu serta membentuk seseorang untuk bisa mengekspresikan dirinya.

Dari manfaat di atas, makeup dapat menumbuhkan tingkat kepercayaan dalam diri seseorang, dan berbagai cara untuk seseorang mengalihkan suatu permasalahannya dengan berbagi keluh kesah kepada setiap warna dan corak yang terdapat di makeup dan terjadilah membuat konten makeup yang menarik perhatian Masyarakat.

Dari penjelasan self-esteem diatas, dengan menggunakan makeup itu memiliki kaitannya dengan mencintai diri sendiri, penampilan, keyakinan dalam diri (percaya diri), memahami emosi dalam diri, dan perilaku.

Tanda self-esteem ini penting dalam kehidupam sehari-hari karena membuat diri lebih positif, menghargai, memahami kemauan dalam diri, kelebihan dalam diri ataupun kekurangannya. Selain itu, dapat membantu memberikan keputusan atas kebahagian diri sendiri, dapat mengekspresikan diri, membebaskan diri dari masalah yang sedang dihadapi, dapat membuat me-time jadi lebih berharga.

Contoh kepribadian self-esteem menggunakan makeup dalam kehidupan sehari-hari:

Makeup ini memiliki kaitan dengan self-esteem yang menjadikan psikologis dalam diri seseorang contoh kepribadiannya menjadi mandiri, cerdas, bertanggung jawab, menghargai dirinya, seperti mempedulikan Kesehatan wajahnya, produk makeup yang cocok pada kulitnya,bahkan terdapat yang mulai menabung untuk membeli perlengkapan makeup.

Lalu, dalam meningkatkan self-esteem di era make up, menjadikan diri sendiri menerima dan menghargai diri sendiri, lalu dapat menghindari membandingkan diri sendiri dengan orang lain dengan tujuan untuk menjadikan diri lebih berkembang, dan menjadikan diri lebih berpositif dengan selalu tampil percaya diri serta mulai mencintai diri sendiri tanpa ragu tentang argumen orang sekitar.

Kesimpulannya, makeup dapat mempengaruhi kepribadian dalam diri melalui self-esteem untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri dalam mengenal diri sendiri untuk menerima serta  menghargai diri sendiri tanpa ada membandingkan dirinya dengan orang lain. Oleh karena itu, saat seseorang sudah menerima dirinya dapat berkembang untuk membangun hubungan yang positif dengan lingkungan sekitarnya.

Referensi :

Arum Sutrisni Putri. (2020, March 22). Apa Itu Kosmetik? KOMPAS.com; Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2020/03/22/203000769/apa-itu-kosmetik

Astari Dewi Larasati. (2021, January 2). 5 Manfaat Makeup untuk Kesehatan Mental Bagi Wanita. Beauty; beautynesia. https://www.beautynesia.id/beauty/5-manfaat-makeup-untuk-kesehatan-mental-bagi-wanita/b-183322

Pentingnya Self Esteem (Harga Diri) dan Tips Menjaganya Agar “Tetap Baik.” (2022, December 10). Hello Sehat. https://hellosehat.com/mental/mental-lainnya/self-esteem/

‌ Apa Itu Self Esteem? Pengertian, Contoh, & Cara Meningkatkan Self Esteem | Blog Rey. (2023, June 30). Blog Rey | Temukan Dan Baca Artikel Kesehatan Dan Keuangan Terbaru Di Rey ID. https://rey.id/blog/kesehatan/hidup-sehat/self-esteem/

MAKE UP Sebagai Terapi. (2020). Studocu; Studocu. https://www.studocu.com/id/document/universitas-prima-indonesia/manajemen-sumber-daya-manusia/make-up-sebagai-terapi/48733943

Ade Sri Wahyuni