PEMILIHAN UMUM KETUA HIMPSIKO 2023/2024

Ketiga kandidat bersama dengan pihak jurusan

Setelah melaksanakan kegiatan Pemilihan Umum secara online selama dua tahun, HIMPSIKO kembali melaksanakan rangkaian kegiatan Pemilihan Umum yang dimana agak berbeda dengan Pemilihan Umum dua tahun belakangan karena diadakan secara hybrid di dua region yang berbeda. Kampanye aktif sekaligus pencoblosan dilakukan di dua region berbeda, yaitu region Kemanggisan dan region Bekasi. Meski begitu, semangat dari ketiga kandidat tidak memudar dan mereka tetap bersemangat untuk berkontribusi pada HIMPSIKO.

Rangkaian kegiatan dimulai dari kampanye pasif dimana ketiga kandidat membuat video kampanye lalu di upload pada youtube, website serta instagram HIMPSIKO pada tanggal 4 Oktober 2022. Kemudian, dilanjutkan dengan kampanye aktif dengan mengunjungi beberapa kelas Psytroopers di region Bekasi dan Kemanggisan, yang disusul dengan pencoblosan. Kegiatan kampanye aktif dilakukan dalam rentang waktu satu minggu. Kegiatan kampanye aktif ini dibagi menjadi dua kelompok, yaitu onsite dimana pencoblosan dilakukan secara langsung menggunakan kertas suara dan kelompok online menggunakan link voting yang disediakan oleh panitia, hal ini dikarenakan seluruh kelas di BINUS University masih memakai sistem hybrid. Setelah kegiatan kampanye ke Psytroopers selesai, diadakan sesi kampanye kepada jurusan dan alumni. Rangkaian kampanye ditutup dengan kampanye kepada PHH dan seluruh anggota HIMPSIKO.

Setelah seluruh rangkaian kampanye telah usai, diadakan perhitungan dan penetapan Ketua Umum terpilih HIMPSIKO periode 2023/2024. Perhitungan dan penetapan Ketua Umum terpilih HIMPSIKO diadakan secara onsite di Kampus BINUS Kijang, ruang A104. Perhitungan ini dihadiri oleh perwakilan dosen psikologi, ketiga kandidat, alumni, seluruh anggota aktif HIMPSIKO serta para Psytroopers. Perhitungan dimulai dari menghitung data online, membuka kotak suara onsite, dan sampai di perhitungan kumulatif dimana seluruh data termasuk penilaian panelis serta jurusan diakumulasikan. 

Dari perhitungan yang telah dilakukan, diketahui bahwa kandidat 3 atau Nabila Fasya Avindita terpilih menjadi Ketua Umum HIMPSIKO periode 2023/2024.  Acara ditutup dengan serangkaian sambutan dari seluruh kandidat, sambutan dari jurusan dan SCAC yaitu dari pembina HIMPSIKO atau Kak Budi Sulaeman, M.Psi., Psikolog, Sekretaris Jurusan region Kemanggisan atau Dr. Anggita Dian Cahyani, S.Psi., M.A., serta dari SCAC yaitu SOA HIMPSIKO atau Kak Baby Maria, S.I.Kom. Sambutan terakhir diberikan oleh Nabila Yulian Dasril selaku Ketua Umum HIMPSIKO periode 2022/2023.