Mental Health for All Indonesian People

Halo teman-teman! Pada artikel edisi ini, kita akan membahas tentang tema World Mental Health tahun 2022 adalah ‘Making Mental Health & Well-Being for All a Global Priority’. Wah menarik banget kan? Yuk, simak artikel ini!

Sejarah Kesehatan Mental

Tanggal 10 Oktober 1992 dinobatkan sebagai Hari Kesehatan Mental Sedunia (World Mental Health) pertama kali yang diselenggarakan oleh World Federation for Mental Health (WFMH) yang merupakan organisasi kesehatan mental global. Pada tahun 1994, Hari Kesehatan Mental Sedunia dirayakan pertama kali dengan tema ‘Improving the Quality of Mental Health Services throughout the World’.

Pandangan Orang Indonesia terhadap Kesehatan Mental

Kalian sadar atau nggak, kalau isu kesehatan mental terkadang masih menjadi sesuatu yang tabu untuk dibahas di kalangan masyarakat? Salah satunya karena tidak terlepas dari tradisi atau kepercayaan masyarakat Indonesia. Masih ada beberapa kelompok masyarakat yang percaya bahwa kesehatan mental berasal dari hal-hal mistis maupun takhayul.

Padahal, terdapat data yang berasal dari Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan Indonesia, setidaknya terdapat 450.000 keluarga di Indonesia yang menderita skizofrenia. Namun, di sisi lain masih kuat stigma terhadap isu kesehatan mental. Banyak dampak buruk yang menyerang pengidap gangguan kesehatan mental ini, contohnya adalah diskriminasi, pengucilan, dan stereotip terhadap pengidap gangguan kesehatan mental oleh masyarakat. Hal ini membuat penderita menjadi enggan untuk konsultasi kepada ahli, seperti psikolog. Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) menyatakan bahwa pada tahun 2018 terdapat 12 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami depresi dan 19 juta penduduk berusia lebih dari 15 tahun mengalami gangguan mental emosional.

Bagaimana layanan kesehatan mental di Indonesia?

Sebetulnya, kondisi kesehatan mental di Indonesia jauh lebih membaik dikarenakan masyarakat Indonesia (khususnya kalangan muda) sudah memiliki kesadaran diri terkait kesehatan mental. Mereka sudah mulai paham bahwa gangguan kesehatan mental, seperti stress, depresi, dan anxiety bukan merupakan hal yang bisa dipandang sebelah mata. Hal ini disebabkan oleh organisasi, komunitas, dan media yang bergerak di bidang kesehatan mental. Apa lagi sejak pandemi datang, lebih banyak lagi layanan khususnya untuk konseling yang dilakukan secara online dan dengan harga yang lebih terjangkau. Konseling online mampu menjadi salah satu tindak pertolongan pertama.

Lalu, apakah berarti pelayanan kesehatan mental yang disediakan pemerintah di Indonesia sudah bagus? Well, sebenarnya bisa dikatakan sudah membaik, namun belum sepenuhnya ideal. Masih ada beberapa aspek yang harus ditingkatkan. Pertama, fasilitas yang disediakan pemerintah masih kurang. Sebaiknya, pemerintah bisa membantu untuk membuat lebih sarana prasarana rumah sakit jiwa dan juga memperbanyak tenaga kesehatan mental di bidang Psikolog maupun Psikiater. Kedua, sedikitnya tenaga kesehatan mental. Terdapat kesenjangan penanganan gangguan kesehatan mental sudah lebih dari 90% yang mana artinya hanya kurang dari 10% penderita yang mendapat pengobatan dari tenaga kesehatan mental.

Terlepas dari kekurangan dalam pelayanan kesehatan mental di Indonesia, upaya dari kita sebagai pemuda itu sangat berpengaruh untuk perkembangan kesehatan mental di Indonesia, loh! Salah satunya dengan memberikan edukasi kepada lingkungan terdekat hingga meluas ke berbagai lingkaran. Yuk, selalu sebar luaskan ilmu yang kita miliki kepada orang lain!

Referensi:

BEM FT UI. (2021). Mengenal Isu Kesehatan Mental dan Tantangannya di Indonesia. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. URL: https://bem.eng.ui.ac.id/index.php/2021/05/24/mengenal-isu-kesehatan-mental-dan-tantangannya-di-indonesia/

Ment Health Fam Med. (2010). World Mental Health Day. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. URL: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC2939461/#:~:text=The%2010%20October%20is%20known,important%20and%20far%E2%80%90reaching%20programs.

Sulfan, A. D. (2021). Bagaimana Pelayanan Kesehatan Mental di Indonesia?. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. URL: https://kumparan.com/agnes-delfina-sulfan/bagaimana-pelayanan-kesehatan-mental-di-indonesia-1xCoy9TtmSd/2

Whiteboard Journal. (2020). Tentang Akses Pelayanan Kesehatan Mental di Negara Kita. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. URL: https://www.whiteboardjournal.com/ideas/human-interest/tentang-akses-pelayanan-kesehatan-mental-di-negara-kita/

Wikipedia. (2022). World Mental Health Day. Diakses tanggal 1 Oktober 2022. URL: https://en.wikipedia.org/wiki/World_Mental_Health_Day

Penulis: Farah Sabina