Enrichment Program

Halooo semua! Balik lagi bersama kami di Bspeak. Kali ini, kami ingin membahas mengenai Enrichment Program, yang mana ini merupakan sebuah program bagi para binusian untuk mengasah soft skill dan mencari pengalamannya dalam dunia kerja loh. Menarik bukan? Melalui enrichment program ini juga, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh knowledge baru. Jadi, mahasiswa dapat mengiku# Enrichment Program yang telah ditentukan oleh Program Studi masing masing dengan jangka waktu 4 – 6 bulan (40 jam kerja/minggu) dan mahasiswa diharapkan dapat memperdalam EES (Employability and Entrepreneurial skill). Wah keren banget ya! Bagi kalian-kalian yang masih takut untuk memulai masuk dalam dunia kerja, atau masih banyak mikir kayak “ah bisa gak ya?”, “gua kan gabisa apa-apa”. Gausah takut guys! Karena program ini justru malah kita dari nol tentunya loh. Oke jadi kita langsung aja ya ngejelasin apa aja sih program yang ditawarkan dalam Enrichment ini?
Yang pertama yaitu, Internship Track ini merupakan program magang penuh waktu di industri. Jadi kalau kalian pengen magang di kantor yang kayak orang kerja beneran, kamu bisa coba program ini guys, tujuan dari program ini tuh untuk mempersiapkan mahasiswa dengan
pengalaman kerja nyata untuk berkarier di masa depan.
Yang kedua yaitu Community Development Track program ini dapat dilakukan oleh dosen, staf, dan juga mahasiswa untuk mencapai misi ke-5 Universitas Bina Nusantara, yaitu meningkatkan kualitas hidup bagi bangsa Indonesia dan komunitas internasional loh! Jadi, di program ini ada 2 (dua) jenis kegiatan, yaitu: Voluntary services dan Community Development. Biasanya ini kayak kalian kalo mau ke daerah terpencil gitu untuk mengembangkan suatu komunitas, kamu bisa nih pilih program ini, kan bisa juga nih sekalian jalan-jalan yakaan haha.Tujuan dari program ini yaitu untuk mempersiapkan mahasiswa supaya memiliki kompetensi dibidang sosial.
Kemudian yang ketiga ada, Research Track. Program ini tuh cocok banget buat kalian yang suka bikin peneli#an, dimana mahasiswa bisa terlibat langsung dalam kegiatan penelitian yang mengasah kemampuan dalam penulisan ilmiah. Tujuan dari program init tuh untuk
mempersiapkan mahasiswa supaya memiliki kemampuan analisis yang baik. Karena, dalam
kegiatan penelitian ini, mahasiswa bertindak selaku anggota team peneliti. Wah keren banget
ya!!
Program selanjutnya yang keempat yaitu, Entrepreneurship Track. Dari judulnya aja kalian udah bisa nebak ya ini program apa haha. Yap! Ini adalah program dimana mahasiswa dipersiapkan untuk dibina dalam membangun konsep dan mengeksekusi bisnisnya. Alias kalian bisa bangun bisnis sendiri loh!! Tentunya, tujuan dari program ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa dengan pengalaman nyata untuk menjadi pengusaha melalui bisnis start-up. Cocok banget nih buat kalian yang pengen buka bisnis sendiri!
Yang kelima which is yang terakhir nih dan pasti yang kalian tunggu-tungguin yaitu ada Study Abroad! Kalian pasti udah tau kan ini merupakan program yang memungkinkan mahasiswa dapat belajar di luar negeri selama 1 (satu) atau 2 (dua) semester, dengan skema transfer kredit yang dilaksanakan di partner BINUS University. Melalui study abroad mahasiswa diharapkan mendapatkan pengalaman intercultural, memiliki keunggulan kompetitif di dunia kerja dan memperkaya soft skill dalam bersikap dan berkomunikasi. Value Proposition: Mempersiapkan mahasiswa dengan memiliki banyak pengalaman internasional.
Nah, kan kita udah bahas nih dari kelima program Enrichment nya Binus, yang tentunya programnya keren-keren banget! Eitss, ga sampe disitu kita bakalan bahas dari sisi Psikologisnya loh! Tentunya, kalian gak perlu takut untuk mencoba salah satu program tadi guys, karena pastinya kita bakalan dibimbing dari awal kok. Karena kan emang tujuan dari program ini dirancang untuk melatih kita untuk terjun langsung ke lapangan.
Semoga informasi ini dapat digunakan dengan baik yaaa!:)
Caroline Wynne