LDK-A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) HIMPSIKO 2022

I RISE merupakan akronim dari kata (Innovation, Respect, Integrity, dan Self-Evaluation) merupakan empat value yang dibawa oleh HIMPSIKO pada acara LDK-A (Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis) yang diselenggarakan dua hari pada Minggu, 27 Maret 2022 dan Senin 28 Maret 2022. I RISE bukan hanya merupakan akronim atau singkatan saja, tetapi memiliki arti “Saya Bangkit”. Kata bangkit di sini bukan menggambarkan bahwa HIMPSIKO sebelumnya terpuruk atau bahkan hal negatif lainnya, melainkan merepresentasikan seberapa hebat, kuat, dan tangguhnya para anggota HIMPSIKO sehingga dapat bertahan dalam menjalankan kegiatan himpunan di masa pandemi saat ini. Para anggota HIMPSIKO berhasil untuk survive, seolah-olah tidak ada satupun yang dapat menghalangi jalan mereka untuk terus menjalankan kegiatan-kegiatan dalam organisasi. “I RISE” ini dibuat agar kedepannya, para anggota HIMPSIKO tidak mudah menyerah, tidak pernah berhenti, dan mengeluh dalam menghadapi rintangan-rintangan yang ada. Selain itu, “I RISE” diharapkan dapat menjadi value yang terus dipegang teguh oleh seluruh anggota HIMPSIKO, baik aktivis maupun pengurus HIMPSIKO.

Gambar 1. Dokumentasi LDK Day 1

Untuk merealisasikan nilai-nilai tersebut, maka HIMPSIKO melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Aktivis (LDK-A). Rangkaian kegiatan LDK-A memiliki banyak makna dan nilai di dalamnya. Hal ini dibuktikan dari penyampaian materi, sesi Focus Group Discussion (FGD), bahkan games yang dibawakan saat LDK-A berlangsung. Rincian dari kegiatan itu diantaranya, pembawaan materi mengenai Respect dan Communication yang dibawakan oleh Bu Esther Widhi Andangsari, M.Si., Psi selaku dosen Psikologi BINUS University, pembawaan materi mengenai Integrity yang dibawakan oleh alumni HIMPSIKO, yaitu Kak Ivan Stefanoes, sesi Focus Group Discussion (FGD) yang membahas dan mendiskusikan permasalahan-permasalahan yang ada di HIMPSIKO baik mengenai masalah yang pernah terjadi maupun inovasi-inovasi untuk program kerja yang akan terlaksana di HIMPSIKO, serta sesi games tebak gambar yang merujuk pada program kerja HIMPSIKO dengan tujuan agar aktivis dapat lebih memahami dan mengetahui program kerja yang ada di HIMPSIKO sendiri.

Gambar 2. Sesi Award untuk aktivis dengan nominasi, kelompok teraktif dan CAVIS teraktif

Peserta dari LDK-A ini sendiri mayoritas berasal dari Binusian 2025, walaupun terdapat juga Binusian 2024 di dalamnya. Sebelum dilaksanakannya LDK-A, HIMPSIKO mengadakan Technical Meeting (TM) yang bertujuan untuk menyampaikan informasi mengenai keperluan apa saja yang harus dibawa dan dipenuhi oleh calon aktivis ketika LDK-A berlangsung. Keperluan tersebut contohnya seperti headband sesuai dengan ketentuan, makanan yang dibawa, pakaian, dan informasi lainnya.

Setelah mengikuti LDK-A, para calon aktivis secara resmi telah dilantik menjadi aktivis HIMPSIKO 2022. Melalui berbagai pembekalan untuk para aktivis pada saat dilaksanakannya LDK-A, diharapkan mereka dapat memegang teguh semua value yang telah diberikan dan seterusnya akan melakukan yang terbaik baik bagi HIMPSIKO maupun bagi diri mereka masing-masing.

Gambar 3. Pelantikan Calon Aktivis sebagai tanda bahwa mereka diterima secara resmi untuk menjadi Aktivis HIMPSIKO 2022Gambar 4. Pembacaan janji Aktivis oleh seluruh aktivis yang telah resmi diterima menjadi Aktivis HIMPSIKO 2022

Gambar 5. Dokumentasi bersama LDK-A Day 2)