PSYON 2020

Rangkaian pelaksanaan acara Psychology Championship (PSYON) 2020 telah resmi selesai pada Selasa, 24 November 2020 lalu dengan mengangkat “Technology Usage in Psychology” sebagai tema besarnya. Rangkaian acara tersebut dimulai dengan dibukanya registrasi perlombaan Essay bagi rekan-rekan sesama mahasiswa/i Psikologi di seluruh universitas di Indonesia yang dimulai tanggal 19 Oktober 2020 dan ditutup pada tanggal 15 November 2020. Kemudian rangkaian perlombaan tersebut dirampungkan dengan Talkshow daring yang dikenal sebagai PSYTALK yang dilaksanakan tepat pada Selasa, 24 November 2020 lalu.

Tema “Technology Usage in Psychology” diangkat pada PSYON 2020 ini karena mengingat bahwa di masa perkembangan teknologi ini atau yang biasa disebut dengan Revolusi Industri 4.0, banyak sekali aktivitas yang mulanya dilakukan secara manual menjadi disesuaikan dengan menggunakan teknologi termasuk pada bidang Psikologi yang sudah mengembangkan beberapa aktivitas menggunakan teknologi seperti contoh e-counselling.

Lebih lanjutnya fenomena tersebut juga dibahas lebih lanjut melalui topik PSYTALK bertajuk “Technology Usage in Psychology: How Technology Support Our Well-being”. Adapun talkshow berdurasi 130 menit tersebut dilaksanakan secara daring melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan dihadiri oleh pembicara dari platform Psikologi ternama bagi kaum milenial yaitu Karina Negara, B.A., M.Psi. selaku Chief Psychologist dan CO Founder KALM. Serta pembicara lain yang tak kalah menarik dan tidak asing bagi mahasiswa/i Psikologi BINUS University yaitu Raymon Godwin S.Psi, M.Si selaku Kepala Jurusan Psikologi BINUS University.

Selain mengusung tema dan dihadiri oleh pembicara yang menarik, PSYTALK juga dikemas semenarik mungkin sehingga peserta dapat menikmati alur pembicaraan serta mendapatkan manfaat setelah mengikuti talkshow tersebut. Selain itu juga diadakan pengumuman pemenang perlombaan Essay diakhir diselenggarakannya talkshow tersebut.

Melalui terlaksananya PSYON 2020, diharapkan rangkaian acara tersebut menjadi sarana informasi bagi masyarakat khususnya mahasiswa/i Psikologi di seluruh universitas di Indonesia mengenai bagaimana teknologi dapat turut berperan di bidang Psikologi. Selain itu peserta diharapkan mendapatkan insight serta wawasan mengenai manfaat teknologi khususnya pada bidang Psikologi dan bagaimana hal tersebut dapat mendukung well-being manusia. Sebagai penutup, kami mengabadikan momen sebagai dokumentasi acara PSYTALK 2020.

Sekian mengenai rangkaian acara PSYON 2020, sampai bertemu kembali di PSYON tahun depan!

PSYON: Be a champion in Psychology!

Berikut lampiran dokumentasi PSYTALK 2020: