Pentingnya Self Love

Pentingnya Self Love

Halo, teman-teman! Bagaimana kabarnya nih? Semoga dalam keadaan yang sehat ya! Kali ini kita mau bahas topik yang penting banget, apalagi di masa pandemi ini. 

Perlu kita sadari bahwa pandemi saat ini belum juga membaik. Aktivitas kita masih dibatasi dan masih banyak aktivitas yang dilakukan secara online. Hal ini membuat kita terbatas untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan untuk menghibur diri sendiri, misalnya menonton konser. Banyak orang yang pastinya rindu menonton konser untuk menghibur dirinya. Dengan melakukan hal yang dapat menghibur diri, kita bisa lebih menyayangi dan peduli dengan diri sendiri. Menyayangi dan peduli dengan diri sendiri ini lah yang disebut dengan self love. 

Apa sebenarnya self love itu? 

Self love atau mencintai diri sendiri adalah upaya untuk menerima keadaan diri sendiri. Self love berarti menjadi nyaman dengan siapa diri sendiri. Menghibur diri dan juga self care termasuk cara agar kita bisa mencintai diri sendiri loh! 

Apa sih pentingnya self love

Self love ini adalah termasuk aspek penting dari kesehatan mental dimana ketika kita bisa menerima dan mencintai kelebihan dan kekurangan dari diri sendiri, ini membantu kita untuk mengelola emosi yang muncul. Hal ini juga penting untuk membangun pondasi yang memungkinkan kita untuk mengejar mimpi, merasa bangga, dan menjalin hubungan yang sehat dengan orang lain. Oleh karena itu, penting bagi setiap orang untuk dapat mengelola self love secara baik. Self love sendiri juga memberikan ketenangan dalam hidup, baik untuk kesehatan mental maupun kesehatan fisik. Riset menunjukan bahwa ketika seseorang tidak dapat menerima diri sendiri, maka rentan terserang stres. Jika seseorang terus menerus terserang stres, maka akan mengganggu kesehatan mentalnya dan bisa menimbulkan penyakit mental, seperti gangguan kecemasan hingga gangguan makanan. 

Dengan demikian, kali ini terdapat beberapa tips untuk meningkatkan self love, antara lain : 

  • Bersikap baik kepada diri sendiri. 

Hal ini yang bikin kita lupa dengan diri sendiri. Terkadang kita lebih banyak bersikap baik dengan orang sekitar, tetapi kita lupa untuk berbuat baik dengan diri sendiri. Caranya bisa menggunakan tulisan atau kita bisa berkaca dengan melontarkan kata-kata yang baik kepada diri sendiri, seperti “you did well, terima kasih sudah bertahan ya!” 

  • Mencoba meditasi. 

Meditasi juga dipercaya dapat membantu menghilangkan dan mengatasi pikiran-pikiran negatif. Meditasi dilakukan di tempat tenang yang membuat pikiran kita menjadi tenang dan memikirkan bahwa kita juga dapat mendapat cinta dari diri sendiri. 

  • Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain.

Tanpa kita sadari, kita sering melakukan hal ini ketika seseorang sudah mencapai impiannya. Hal yang perlu kita ingat adalah tidak ada seseorang yang benar-benar sempurna. Maka dari itu, penting untuk kita terus mengingat tujuan dan impian kita ke depannya. 

  • Mencoba self love journaling.

Self-love journaling berhubungan dengan jurnal harian. Jurnal harian membantu kita untuk dapat memahami dan mengatasi perasaan yang kita miliki tentang diri kita sendiri. Dalam jurnal, kita dapat menuliskan hal apa yang kita sukai dan dapat menjadi pengingat yang mengubah pikiran kita untuk lebih mengarah ke positif. 

Cara diatas merupakan cara untuk meningkatkan self love yang bisa kita coba di rumah. Perlu diingat bahwa emosi, seperti senang, sedih dan takut juga merupakan cara kita mengenal diri sendiri. Mengenal diri sendiri juga merupakan hal penting dalam mengelola self love dengan baik. 

Mari kita mencintai diri sendiri sebelum mencintai orang lain dan orang sekitar. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya ya, teman-teman!

Referensi: 

David, T. (2021). Self-Love Tips. Psychology Today. Retrieved 10 December 2021, from Self-Love Tips | Psychology Today 

Flaxingtin, B. (2021). The Importance of Self-Love. Psychology Today. Retrieved 10 December 2021, from https://www.psychologytoday.com/intl/blog/understand-other-people/201901/the-importance-self-love

Henschke, E., & Sedlmeier, P. (2021). What is self-love? Redefinition of a controversial construct. The Humanistic Psychologist.

Martin, S. (2021). What is Self-Love and Why Is It So Important?. Psych Central. Retrieved 10 December 2021, from https://psychcentral.com/blog/imperfect/2019/05/what-is-self-love-and-why-is-it-so-important#What-is-self-love?. 

 

Penulis: Andini Titis Galih Utami

Andini Titis Galih Utami