PSYCARE 2021

PSYCARE 2021

Himpunan Psikologi (HIMPSIKO) Universitas Bina Nusantara baru saja melaksanakan rangkaian kegiatan Psychology Care (PSYCARE) 2021. Rangkaian acara meliputi Pengabdian Kepada Masyarakat, Seminar dan penggalangan dana untuk donasi. PSYCARE tahun ini memiliki tema “GAGASAN: Menjaga Hubungan dengan Batasan” yang bertujuan untuk memberi edukasi kepada masyarakat dan mahasiswa/i Universitas Bina Nusantara mengenai batasan dalam hubungan agar terhindar dari kekerasan/pelecehan seksual. Seluruh rangkaian kegiatan PSYCARE 2021 diadakan tanggal 10 Mei – 2 Juni 2021.

Kegiatan pertama PSYCARE 2021 yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M) turut juga mengajak mahasiswa/i Psikologi Universitas Bina Nusantara sebagai volunteer untuk memberikan edukasi dan informasi mengenai tema PSYCARE tahun ini dalam bentuk pembuatan video serta kampanye di media sosial.

Kegiatan kedua yaitu webinar PSYCARE 2021 dengan topik yang sama dengan tema tahun ini yaitu “Gagasan: Menjaga Hubungan dengan Batasan”. Webinar dilaksanakan secara online melalui Zoom meeting. Pembicara untuk webinar ini adalah Kalis Mardiasih, beliau merupakan seorang penulis, fasilitator dan aktivis kesetaraan gender dan juga Sinta Putri Nirmala, M. Psi yang merupakan psikolog klinis dari Social Connect. Webinar dimulai pada pukul 13.30 sampai pukul 17.15. Sebelum acara dimulai, kami menampilkan kompilasi video dari para volunteer, lalu dilanjutkan dengan sharing session dan Q&A bersama pembicara. Di pertengahan acara, kami juga turut mengundang Psychology Dance & Anima Musica dari Badan Kreativitas Seni dan Olahraga HIMPSIKO. Tak lupa juga, di akhir acara kami mengadakan sesi foto bersama untuk mengenang acara ini.

Setelah acara webinar selesai, di tanggal 2 Juni kami melakukan penyerahan donasi. Total donasi yang sudah dikumpulkan selama 19 hari yaitu sebesar Rp 6.000.000. diberikan kepada Yayasan Pulih, yang merupakan yayasan untuk memberikan layanan konseling psikologis kepada perempuan & anak yang mengalami pelecehan/kekerasan seksual. Donasi yang kami berikan nantinya akan disalurkan untuk membiayai mereka yang belum memiliki cukup dana untuk melakukan konseling di Yayasan Pulih. Pada saat pembagian hasil donasi, salah satu perwakilan panitia PSYCARE 2021 yaitu Jesselyn hadir ke Yayasan Pulih untuk memberikan hasil donasi secara langsung. Tak hanya itu, seluruh donatur juga turut menyaksikan pembagian hasil donasi yang dilakukan oleh Jesselyn bersama pihak Yayasan Pulih melalui Zoom meeting.

Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan PSYCARE 2021 bisa memberikan pelajaran bermakna bagi seluruh panitia, mahasiswa dan juga masyarakat umum yang berpartisipasi dalam kegiatan ini. Kami juga berharap bahwa masyarakat bisa semakin sadar pentingnya menjaga hubungan dengan batasan untuk mencegah kekerasan/pelecehan seksual serta mengubah stigma buruk masyarakat mengenai penyintas kekerasan/pelecehan seksual.

Webinar

Penyerahan Donasi