BEHAVIORAL DAN LEARNING THEORY

BEHAVIORAL DAN LEARNING THEORY

Rachel M.A Gultom / 1901524401/ Pengurus Badan Informasi dan Komunikasi HIMPSIKO 2017

 

Ilmu Psikologi selalu menarik untuk dibahas dari berbagai sisi dengan keunikannya masing-masing. Salah satu hal yang pastinya dipelajari adalah mengenai perilaku seseorang. Perilaku tersebut muncul karena berbagai hal yang mengikutinya. Salah satu ilmu psikologi yang juga membahas mengenai hal ini adalah “Behavioral Learning Theory”

Behavioral Learning Theory sering juga disebut sebagai teori pembelajaran perilaku berupa stimulus-tanggapan. Hal tersebut dikarenakan jika seseorang memberikan respon yang telaha dikondisikan terhadap suatu stimulus, maka itu dapat dikatakan sebagai proses “belajar”.

Dua teori yang dapat menjelaskan hal tersebut adalah :

  1. Classical Conditioning

Pada teori ini, proses belajar dilakukan ketika suatu stimulus yang memunculkan respon natural kemudian dipasangkan dengan stimulus lain yang tidak mendapatkan respon secara natural. Jika kedua hal tesebut dilakukan secara terus menerus, maka stimulus kedua yang pada awalnya tidak dapat menghasilkan respon kini akan memberikan respon yang terkondisi karena sudah diasosiasikan dengan stimulus pertama. Maka dengan begitu hal tersebut disebut dengan respon yang terkondisi karena adanya proses belajar secara berulang.

  1. Operant Conditoning

Pada teori ini, menjelaskan bagaimana kondisi yang terjadi pada individu dalam proses belajar untuk menghasilkan suatu perilaku dengan metode imbalan dan hukuman untuk perilaku. Melalui pengkondisian operant, asosiasi dibuat antara perilaku dan konsekuensi dari perilaku itu sendiri.

Dari penjelasan kedua teori di atas, maka kita dapat memahami secara lebih mudah mengenai proses terbentuknya suatu perilaku yang terkondisi. Perilaku seseorang pun dapat kita kondisikan dengan menerapkan kedua teori di atas.