Psylution 2016 (Talkshow with Atma Jaya)

Hallo teman-teman semuanya!

Kalian tahu tidak, tanggal 14 dan 17 September 2016 kemarin acara PSYLUTION 2016 telah terselenggara loh J acara ini merupakan kerjasama antara HIMAPSI UNIKA Atmajaya, HIMPSIKO BINUS University, dan MAPLE UNIKA Atmajaya. Dimana acara ini merupakan kolaborasi antara 3 lembaga mahasiswa dan untuk HIMPSIKO BINUS sendiri ini merupakan acara kolabarasi pertama dengan Universitas lain.

Psylution merupakan acara berupa talkshow dan pelatihan, talkshow diadakan pada tanggal 14 September 2016 dimana acara ini mengundang 3 pembicara yang ahli dalam bidangnya yaitu ada Ibu Yanti merupakan dosen mata kuliah psikologi industri-organisasi, lalu ada Juni Anton merupakan CEO dari brand KIDU Toys, dan ada Yasa Singgih merupakan CEO dari brand Mens Republic. Pada acara talkshow disini membahas bagaimana kita sebagai calon lulusan psikologi kita tidak hanya berpatokan untuk bekerja di daerah psikologi seperti menjadi staff HR (Human Resources Development), pengajar, dan bekerja tanpa memikirkan bahwa sebenarnya kita juga bisa seperti lulusan Ekonomi yang membuat lapangan kerja untuk orang lain dan di acara talkshow ini setiap pembicara membahas apa saja yang sebenarnya bisa kita lakukan sebagai lulusan psikologi dimana kita bisa membuat lapangan kerja untuk orang lain dan menerapkan ilmu psikologi yang telah kita terima ke dalam bisnis yang kita minati bukan hanya bekerja sama dengan orang.

Menurut Juni Anton hal-hal yang harus dimiliki oleh entrepreneur (1) Miliki Keberanian, (2) Miliki komitmen untuk menjalani bisnis, (3) Mau belajar & upgrade diri dalam menjalani suatu bisnis, (4) Memperbanyak Networking, sedangkan Yasa Singgih mengungkapkan bahwa orang sukses bukan orang yang pintar namun orang berani mengeksekusi dirinya dan mau belajar dari kesalahan (Trial & Error). Yasa Singgih juga mengungkapkan bahwa modal bagi seorang entrepreneur tidak selalu uang, masih ada keberanian, ide, maupun pengetahuan. Di acara talkshow ini juga dihibur loh oleh Vidan yang membawakan 2 lagu.

Sedangkan tanggal 17 September rangkaian kedua dari acara Psylution yaitu pelatihan dimana pada pelatihan ini seseorang diajarkan bagaimana dia mempersiapkan apa saja sih yang dia perlukan dalam memulai suatu bisnis dan di acara pelatihan ini MAPLE UNIKA Atmajaya turut mengundang pembicara yaitu Sean Justin selaku President Director dari PT. Famindo International Multi Gemilang dan juga Julius Suharto bekerja di PT. Bravo Sinergi Solusi sebagai People Development Director, dan acara pelatihan ini tidak hanya membahas materi tentang entrepreneur namun juga diselingi dengan acara tanya jawab maupun games seputar dunia Entrepreneur.

Terima kasih untuk semua peserta yang telah hadir dan panitia yang sudah mewujudkan acara ini, semoga kita semua mendapatkan pengetahuan yang bermanfaat yaa seputar dunia entrepreneurship dan organisasi 🙂

Penulis: Samuel Christian, Pengurus Badan Informasi dan Komunikasi HIMPSIKO 2016