Hari Pendidikan Nasional: Momentum Refleksi untuk Pendidikan yang Lebih Berkualitas

Hari Pendidikan Nasional: Momentum Refleksi untuk Pendidikan yang Lebih Berkualitas

Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei menjadi momen penting bagi seluruh rakyat Indonesia untuk merenungkan kembali peran pendidikan dalam membentuk karakter dan masa depan bangsa. Hari tersebut didedikasikan untuk mengenang jasa Ki Hajar Dewantara, seorang tokoh pendidikan nasional yang lahir pada 2 Mei 1889. Ia dikenal sebagai Bapak Pendidikan Nasional dan tokoh sentral dalam perjuangan pendidikan di Indonesia. Melalui gagasan “Tut Wuri Handayani,” Ki Hajar Dewantara menekankan pentingnya pendidikan yang membebaskan serta mendukung perkembangan setiap individu secara holistik.

Ki Hajar Dewantara, yang bernama asli Raden Mas Soewardi Soerjaningrat, adalah sosok yang dikenal karena perjuangannya dalam memajukan pendidikan bagi rakyat Indonesia pada masa penjajahan. Di tengah dominasi sistem pendidikan kolonial yang eksklusif dan diskriminatif, ia mendirikan lembaga pendidikan Taman Siswa pada tahun 1922. Taman Siswa bertujuan untuk memberikan akses pendidikan bagi rakyat jelata, yang pada masa itu sering kali terpinggirkan.

Menurut Heri Santoso (2019) dalam bukunya “Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan Perjuangannya,” Taman Siswa tidak hanya memberikan pendidikan akademis, tetapi juga menanamkan nilai-nilai nasionalisme, keberanian, dan semangat perjuangan. Konsep pendidikan yang berpusat pada siswa yang dikembangkan oleh Ki Hajar Dewantara kemudian menjadi landasan bagi sistem pendidikan nasional Indonesia setelah kemerdekaan. Filosofi ini menekankan bahwa pendidikan harus memperhatikan kebutuhan dan potensi setiap individu, serta harus dilakukan dengan tujuan membebaskan pikiran dan jiwa dari penindasan.

Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam pembangunan suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas akan menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas, berintegritas, dan mampu bersaing di tingkat global. Dalam konteks Indonesia, pendidikan juga berperan sebagai alat pemersatu bangsa. Mengingat Indonesia adalah negara yang sangat beragam dari segi suku, agama, dan budaya, pendidikan menjadi sarana untuk menanamkan nilai-nilai toleransi, kebhinekaan, dan persatuan untuk menciptakan perdamaian dan kemajuan bangsa Indonesia.

Laporan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud, 2021) menegaskan bahwa pendidikan yang inklusif dan merata adalah kunci untuk memperkuat kohesi sosial dan mencegah konflik antar kelompok yang beragam. Pendidikan juga memainkan peran penting dalam pembangunan ekonomi. Sebuah studi dari Bank Dunia (2020) yang berjudul “Education in Indonesia: Rising to the Challenge” menunjukkan bahwa investasi dalam pendidikan berkualitas tinggi merupakan salah satu faktor utama dalam mendorong pertumbuhan ekonomi jangka panjang. Pendidikan yang baik akan menciptakan sumber daya manusia yang inovatif, produktif, dan mampu beradaptasi dengan perubahan zaman yang terus berkembang.

Meskipun banyak kemajuan yang telah dicapai, pendidikan di Indonesia masih menghadapi berbagai tantangan. Salah satu tantangan utama adalah kesenjangan akses pendidikan antara daerah perkotaan dan pedesaan. Data dari Badan Pusat Statistik (BPS, 2023) menunjukkan bahwa kualitas pendidikan di berbagai daerah terpencil masih tertinggal dibandingkan dengan di perkotaan. Ini mencakup keterbatasan fasilitas pendidikan, minimnya akses terhadap teknologi, dan kurangnya tenaga pengajar yang berkualitas di daerah-daerah tersebut.

Pandemi COVID-19 yang melanda dunia pada tahun 2020 juga memperparah kondisi ini. Banyak siswa di daerah terpencil kehilangan akses ke pembelajaran daring karena keterbatasan infrastruktur dan fasilitas pendukung. Hal ini semakin memperlebar kesenjangan pendidikan antara siswa di daerah perkotaan dan pedesaan. Menurut survei PISA (Programme for International Student Assessment) yang dilakukan oleh OECD (2019), skor siswa Indonesia dalam bidang membaca, matematika, dan sains masih berada di bawah rata-rata global. Hal ini menunjukkan perlunya perbaikan dalam metode pengajaran, kurikulum, dan kualitas guru yang lebih baik.

Untuk mengatasi tantangan-tantangan ini, diperlukan komitmen yang kuat dari semua pihak yang bersangkutan, seperti pemerintah, masyarakat, maupun sektor swasta untuk bekerja sama. Pemerintah Indonesia telah meluncurkan berbagai program untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya adalah Program Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim. Program ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada sekolah dan guru dalam menentukan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa, serta menekankan pentingnya inovasi dalam pembelajaran (Kemendikbud, 2020).

Merdeka Belajar diharapkan mampu mendorong lahirnya siswa-siswa yang kritis, kreatif, dan mampu berpikir secara luas. Selain itu, program ini juga menggarisbawahi pentingnya pengembangan karakter yang kuat melalui pendidikan yang holistik. Dalam pelaksanaannya, program ini menghadapi berbagai tantangan, terutama dalam hal penerapan kurikulum yang fleksibel dan pelatihan guru untuk beradaptasi dengan perubahan tersebut.

Hari Pendidikan Nasional bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga sebuah refleksi penting tentang peran pendidikan dalam membangun masa depan bangsa Indonesia. Pendidikan yang berkualitas, inklusif, dan merata adalah kunci untuk menciptakan generasi muda yang cerdas, kompeten, dan berkarakter. Dengan pendidikan yang memadai, Indonesia dapat bersaing di kancah global dan mencapai cita-cita sebagai bangsa yang maju dan sejahtera.

Oleh karena itu, mari kita jadikan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum untuk memperkuat komitmen kita dalam meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. Seperti yang diungkapkan oleh Ki Hajar Dewantara, “Ing ngarso sung tulodo, ing madyo mangun karso, tut wuri handayani” — di depan memberi teladan, di tengah memberi semangat, dan di belakang memberi dorongan. Semoga semangat ini terus terwujud dalam setiap langkah perbaikan dan inovasi di dunia pendidikan Indonesia. Dengan demikian, melalui pendidikan kita bisa membawa kemajuan bagi bangsa Indonesia untuk kedepannya.

Referensi:

  • Santoso, H. (2019). Ki Hajar Dewantara: Pemikiran dan perjuangannya. Yogyakarta: Penerbit Ombak.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2021). Laporan pendidikan nasional. Jakarta: Kemendikbud.
  • World Bank. (2020). Education in Indonesia: Rising to the challenge. Washington, DC: World Bank.
  • Badan Pusat Statistik. (2023). Statistik pendidikan Indonesia. Jakarta: BPS.
  • Organisation for Economic Co-operation and Development. (2019). PISA 2018 results. Paris: OECD Publishing.
  • Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Merdeka belajar: Sebuah inovasi pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.
Maria Angellica Devi Effendi