GURU PROFESIONAL

Sepertinya di dunia ini tidak ada orang yang tidak suka nonton film ya? Hampir setiap orang pasti suka menonton film, walau untuk refreshing, hobi, referensi, atau agar terinspirasi dan termotivasi. Seringkali setelah nonton film lalu kita merasa termotivasi, betul bukan?

 

Nah berikut adalah list 5 must-watch film yang menginspirasi dan memotivasi tentang guru versi HIMPGSD!

 

  1. Taare Zameen Pars/ Like Stars on Earth

 

Image source : https://goo.gl/images/QvweXj

 

Film yang berasal dari India ini menceritakan tentang anak yang memiliki kelainan disleksia bernama Ishaan karena mendapat nilai yang jelek, akhirnya orang tuanya mengira Ishaan adalah anak yang bodoh dan memasukkan Ishaan ke sekolah asrama. Ishaan menjadi anak yang pendiam dan pemurung, sampai seorang guru bernama Ram Shankar (Aamir Khan) yang juga menderita disleksia menyadari permasalahan Ishaan. Akhirnya Ram mulai mengajari Ishaan membaca, melukis dan menghitung dengan metode menghitung jumlah tangga. Akhirnya Ishann menjadi pandai bahkan menjadi pelukis berbakat disekolahnya.

Film yang tayang pada tahun 2007 ini telah memenangkan 14 penghargaan dan mendapat rating 8,5 versi IMDB. Penasaran dengan film ini? Coba ditonton dulu saja trailernya!

https://youtu.be/DBg6HSMF9X8

 

  1. The Teacher’s Diary

 

Image source: https://goo.gl/images/ctrBUe

 

Siapa yang suka nonton film Thailand? Nah film Thailand yang satu ini juga tidak boleh dilewatkan nih. Film tentang guru yang satu ini bergenre romantic. Mengisahkan tentang Song seorang mantan pegulat yang ingin menjadi guru yang harus bekerja di sekolah terapung desa terpencil dengan 4 orang murid. Awalnya ia merasa tidak betah karena banyaknya kesulitan seperti mendapatkan listrik dan transportasi yang hanya bisa menggunakan perahu. Tetapi Song menarik niat tersebut setelah menemukan diari seorang guru bernama Ann yang sebelumnya menjadi guru disekolah tersebut. Setelah membacanya Song menjadi lebih bersemangat mengajar muridnya dengan metode yang menyenangkan seperti yang dituliskan guru Ann dalam diari tersebut. Sosok guru Ann sendiri juga sangat meninggalkan kesan memukau terhadap murid sekolah tersebut karena kegigihan guru Ann dalam mengajar walau banyak masalah yang dihadapi.

Film yang berasal dari kisah nyata dan rilis pada tahun 2014 ini mendapat rating 7,4 versi IMDB. Film ini pernah ikut dalam berbagai film festival. Di antaranya Busan International Film Festival 2014, Tokyo International Film Festival 2014, dan Hawaii International Film Festival 2014.

Penasaran? Cek trailernya berikut ini!

https://youtu.be/ZC4aq1Jht3Q

  1. Sokola Rimba

Pertemuan dengan Bungo menyadarkan Butet untuk memperluas wilayah kerjanya ke arah hilir sungai Makekal. Namun keinginannya itu tidak mendapatkan restu baik dari tempatnya bekerja, maupun dari kelompok rombong Bungo yang masih percaya bahwa belajar baca tulis bias membawa malapetaka bagi mereka. Namun melihat keteguhan hati Bungo dan kecerdasannya membuat Butet mencari segala cara agar ia bisa tetap mengajar Bungo, hingga malapetaka yang ditakuti oleh Kelompok Bungo betul-betul terjadi. Butet terpisahkan dari masyarakat Rimba yang dicintainya.Film ini diangkat dari kisah nyata kehidupan Butet Manurung yang bekerja di sebuah lembaga konservasi. Ia juga mengajar masyarakat Rimba dan tinggal di hutan bukit Duabelas tepatnya di hulu sungai Makekal. Lalu pada suatu hari Butet terkena Malaria dan mengalami demam di tengah hutan. Seorang anak bernama Nyungsang Bungo menyelamatkan hidupnya. Bungo berasal dari Hilir sungai Makekal yang berjarak sekitar 7 jam perjalanan menuju hulusungai. Ternyata Bungo sudah lama memperhatikan Bu Guru Butet saat mengajar. Ia membawa segulung kertas perjanjian yang telah di’cap jempol’ oleh kepala adatnya, sebuah surat persetujuan orang desa mengeksploitasi tanah adat mereka. Bungo ingin belajar membaca dengan Butet agar dapat membaca surat perjanjian itu.

Film ini mendapat rating 7,9 versi IMDB dan meraih penghargaan sebagai film terbaik Piala Maya 2013. Penasaran? Cek aja trailernya berikut ini!

https://youtu.be/08YMECIIZtU

  1. Stand and Deliver

Film ini memang sudah lawas banget karena dirilis pada tahun 1988. Tapi film ini layak banget buat ditonton. Film yang diangkat dari kisah nyata ini menceritakan Jaime seorang guru matematika yang mengajar di sekolah dangan standar pendidikan yang dibawah standar dan akan ditutup. Jaime harus menghadapi murid-muridnya yang berasal dari anggota geng jalanan dan berlatar belakang rendah. Jaime akhirnya memotivasi murid-muridnya dan membantu mereka mempelajari Calculus dengan metode pengajaran yang mudah dipahami.

Film berdurasi 1 jam 43 menit ini mendapat rating 7,3 versi IMDB. Karena keapikan film ini, ia berhasil meraih penghargaan bergengsi seperti Oscar dan Golden Globe, loh. Mau tahu? Cek aja trailernya di sini!

https://youtu.be/sG-Cxs8eYkI

 

 

  1. Laskar Pelangi

Film yang menceritakan tentang 10 anak dari keluarga miskin yang bersekolah di sebuah sekolah Muhammadiyah di Belitung yang penuh dengan keterbatasan, menyebut diri mereka sebagai Laskar Pelangi. Walaupun penuh dengan keterbatasan tetapi semangat mereka untuk belajar sungguh besar. Keterbatasan yang ada bukan membuat mereka putus asa, tetapi malah membuat mereka terpacu untuk dapat melakukan sesuatu yang lebih baik.
Film yang satu ini sih sudah tidak perlu diragukan lagi karena sudah pasti must-watch banget! Film yang booming banget diangkat dari novel karya Andrea Hirata ini sempet booming banget di tahun 2008.

Selain kesepuluh anak Laskar Pelangi, tokoh penting lain dalam film ini adalah Bu Muslimah. Bu Muslimah adalah seorang guru di sekolah tersebut. Sosok Bu Muslimah dalam film ini mampu menginspirasi kita agar menjadi guru yang sabar, memotivasi, gigih, dan pantang menyerah.

Film dengan rating IMBD 7,8 banyak memenangkan penghargaan di dalam dan di luar negeri, diantaranya Film Favorit di Indonesian Movie Awards serta Best Film di Ajang Asian Film Award 2009. Film ini cocok ditonton bersama keluarga dan teman-teman, berikut trailernya!

https://youtu.be/fFZVM8EDbKA

 

 

 

 

 

Article by: Aninda Putri Agatha

References:

http://citizen6.liputan6.com/read/2374340/10-film-inspiratif-yang-mengisahkan-sosok-guru

https://www.wikipedia.org/

https://www.youtube.com/

Suci Ramadhanty