Serah Terima Jabatan Kepengurusan HIMPGSD Periode 2023/2024

Serah Terima Jabatan Kepengurusan HIMPGSD Periode 2023/2024

Minggu, 18 Februari 2024 menjadi hari terakhir bagi para pengurus HIMPGSD Periode 2023/2024 menjabat di kepengurusan yang dipimpin oleh Dhea Maharani sebagai Ketua Umum HIMPGSD. Kepengurusan HIMPGSD berikutnya yaitu pada periode 2024/2025 akan diteruskan oleh Anandi Lintang Utari, Binusian 2026 sebagai Ketua Umum HIMPGSD. Kegiatan serah terima jabatan ini umumnya dilakukan di suatu organisasi saat waktunya untuk berganti kepengurusan dengan visi dan misi yang baru, serta berbagai macam program kerja menarik yang dapat mengembangkan kemampuan para anggotanya dan tentunya memberikan dampak baik untuk setiap orang yang terlibat di dalamnya.

Serah terima jabatan HIMPGSD Periode 2023/2024 dan 2024/2025 dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting yang dihadiri oleh Bapak Dosen dan Student Organization Advisor (SOA) HIMPGD yaitu Bapak Jimmy Sapoetra S.S., M.Pd., para pengurus HIMPGSD, dan juga mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar BINUS University yang menjadi bagian dalam HIMPGSD, yaitu Binusian 2025, 2026, dan 2027. Acara yang selalu disebut ‘SERTIJAB’ ini dipandu oleh dua MC yang merupakan Binusian 2026 PGSD yaitu Teresa Putri Anggreni dan Maria Dominika Lamoren.

Serah terima jabatan dimulai pada pukul 16.00 dan diawali dengan pemutaran music selagi menunggu para audience hadir dalam  Zoom Meeting. Seperti biasanya, pembukaan acara dibawakan oleh para MC dengan membacakan beberapa aturan yang berlaku dan tentunya harus dilaksanakan selama acar berlangsung oleh para audience. Setelah seluruh hadirin datang, doa pembuka dilakukan oleh Ellsa Adelia, mahasiswi Binusian 2027. Dhea Maharani selaku Ketua Umum HIMPGSD Periode 2023/2024 memberikan sambutan yang hangat melalui pidato singkatnya untuk membuka acara. Setelah itu dilanjutkan dengan Bapak Jimmy Sapoetra, S.S., M.Pd. selaku Student Organization Advisor HIMPGSD BINUS University yang turut mendukung jalannya acara melalui sambutan yang sangat motivatif.

Selanjutnya, sebagai acara pertama, laporan pertanggung jawaban pengurus HIMPGSD Periode 2023/2024 disampaikan secara bergantian yang dimulai dengan Departemen Sumber Daya Manusia dengan Rifdah Athirah selaku koordinator yang menyampaikan bahwa beberapa program kerja telah dijalankan, seperti SDC Training, HIMPGSD-Fess, dan SHATU (Sharing and Tutoring Session) yang telah berkolaborasi dengan Departemen Pendidikan. Program kerja menarik ini diselenggarakan di sebuah sekolah dasar yang di dalamnya para staff dan anggota bekerja sama mengumpulkan buku – buku untuk didonasikan dan tentunya melaksanakan kegiatan belajar mengajar sederhana di sekolah tersebut.

Departemen Pendidikan dengan Ivonni Gozali selaku koordinator bergantian menyampaikan laporan pertanggung jawaban. Departemen Pendidikan telah melaksanakan banyak program kerja seperti pembuatan karya, SHATU (Sharing and Tutoring Session), kelas tutor, dan program kerja dengan TFI yaitu merekrut pengajar bimbingan belajar di TFI. Kegiatan yang telah dilaksanakan ini memiliki tujuan yang selaras dengan tujuan dibentuknya Departemen Pendidikan yaitu untuk mengembangkan kemampuan para staff dan aktivis di bidang Pendidikan dan juga membagikan ilmu yang telah dimiliki untuk masyarakat sekitar.

Setelah Departemen Pendidikan, Departemen Dana Usaha yang diwakili oleh koordinatornya yaitu Mulya Damayanti menyampaikan beberapa program kerja yang telah dijalankan seperti clothes and shoes thrifting, paid promote, serta pre-order merchandise telah dilakukan guna meningkatkan laba dan dana yang nantinya dapat digunakan untuk membantu terlaksananya program kerja HIMPGSD pada periode 2023/2024.

Departemen berikutnya yaitu Hubungan Masyarakat atau yang biasa dikenal dengan HUMAS ini menyampaikan beberapa program kerja yang telah terlaksana seperti fun fact HIMPGSD, pembuatan dan pengunggahan feeds dan story Instagram untuk hari raya, kartu ulang tahun HIMPGSD, bekerja dengan berbagai himpunan dalam acara tertentu dan masih banyak lainnya yang bertujuan untuk meningkatkan branding HIMPGSD dari dalam hingga luar organisasi. Laporan ini disampaikan dengan sangat baik oleh Marishabella Mulyawan.

Departemen terakhir yaitu adalah Departemen Minat & Bakat dengan Dihan Al’Hakim sebagai koordinatornya, menyampaikan bahwa departemennya yang baru saja dibentuk pada tahun kepengurusan 2022/2023 ini telah menunjukkan peningkatan yang baik dari tahun sebelumnya yaitu dengan program kerja talent seeker yang di mana setiap staff bertugas mencari mahasiswa berbakat yang memiliki potensi untuk mengembangkan potensinya melalui lomba. Melalui kegiatan tersebut, beberapa kompetisi telah diikuti oleh mahasiswa berprestasi seperti Duta Bahasa BINUS, Pilmapres, Mofest, dan GEMASTIK.

Sebagai laporan pertanggung jawaban penutup, Dewan Pengurus Inti (DPI) HIMPGSD menyampaikan momerandum masa jabatan peoride 2023/2024 yaitu yang di dalamnya terdapat analisis SWOT dan penyampaian program kerja yang sudah berjalan yang dipimpin oleh Dhea Maharani. Kemudian berbagai macam terobosan positif yang telah dijalankan – disampaikan oleh Nicole Joan Yovini selaku Sekretaris Umum. Selanjutnya beberapa catatan yang harus dipertahankan oleh HIMPGSD disampaikan oleh Lorensia Ria Audini selaku Quality Control, dan catatan yang harus diperbaiki telah disampaikan dengan baik oleh Dian Zulyanti selaku Bendahara Umum.

Acara selanjutnya merupakan acara puncak di mana seluruh pengurus HIMPGSD Periode 2023/2024 dan 2024/2025 membacakan janji dan prakata pelantikan kepengurusan yang baru. Pembacaan ini tentu saja dilakukan secara bergantian yang dimulai dari Departemen SDM, Departemen Pendidikan, Departemen DANUS, Departemen HUMAS, Departemen MIKAT, Quality Control, Bendahara Umum, Sekretaris Umum, dan Ketua Umum.

Pembacaan janji dilanjutkan dengan penandatanganan surat serah terima jabatan yang telah ditandatangani oleh seluruh pengurus periode 2023/2024 dan juga Anandi Lintang Utari selaku Ketua Umum HIMPGSD Periode 2024/2025. Lintang melanjutkan acara dengan menyampaikan pidato penutup sebagai ketua umum periode yang baru. Tak hanya Lintang, Bapak Jimmy Sapoetra, S.S., M.Pd. juga menyampaikan bahwa dengan adanya pergantian kepengurusan HIMPGSD ini, seluruh anggota yang terlibat di dalamnya dapat mendapatkan lebih banyak pengalaman dan menciptakan berbagai program kerja yang bergerak di bidang Pendidikan. Bapak Jimmy berharap bahwa kedepannya para pengurus dapat membangun organisasi yang lebih komunikatif dan mendukung satu dengan lainnya.

Dengan ini, pergantian kepengurusan telah dilakukan dan acara ditutup dengan foto bersama sebagai dokumentasi dan kenang – kenangan terakhir yang menjadi awal bagi kepengurusan berikutnya untuk terus memajukan HIMPGSD BINUS University sebagai organisasi kemahasiswaan yang bergerak di bidang Pendidikan.

Nicole Joan Yovini