LDK Calon Pengurus 2022

Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Bina Nusantara memiliki sebuah organisasi yang bertujuan menjadi wadah bagi mahasiswa dalam mengembangkan kreativitas, sebagai sarana mahasiswa dalam menyalurkan aspirasinya, serta menjadi pemberdayaan dan pemersatu mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Organisasi tersebut adalah Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD). HIMPGSD sendiri didirikan pada tanggal 28 Oktober 2016 dan diresmikan pada tanggal 13 Januari 2017 di bawah pembinaan Student Club & Activity Center Universitas Bina Nusantara.

Pada tanggal 20 Mei 2022 – 21 Mei 2022 HIMPGSD mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Calon Pengurus (LDK CP) dengan tema tahun ini adalah “It’s Time to Show Your Leadership”. Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah ingin membekali dan mempersiapkan para aktivis HIMPGSD Binusian 2025 untuk menjadi pengurus pada periode selanjutnya serta mampu menunjukkan kemampuan kepemimpinan yang dimiliki sebagai seorang pengurus di dalam organisasi HIMPGSD.

Hari pertama, acara dimulai dengan doa, disambung dengan kata sambutan dari Rikiardus Bere selaku Project Manajer, Jupiter selaku Ketua Umum HIMPGSD, Bapak Rahmat Ilahi, S.Pd. dan juga Ibu Dr. Meilani Hartono, S.Si., M.Pd.. Materi pertama dibawakan oleh Jupiter mengenai Strategic Management, selanjutnya materi dan tugas individu mengenai Administration dan Operation oleh Lidya, tugasnya adalah menulis surat resmi yang benar, waktu yang diberikan adalah sekitar dua puluh menit sebelum dipresentasikan. Selanjutnya, ada materi dari Anita mengenai Finance and Compliance dengan tugasnya adalah bagaimana cara menulis anggaran yang baik dan benar. Setelah mempresentasikan tugas, ada waktu istirahat dan doorprize untuk dua orang pemenang. Dua materi terakhir adalah mengenai Branding oleh Ramitha Ranjany dan regenerasi oleh Jupiter, yang dimaksud dengan Regeneration adalah penyerahan tongkat estafet kepemimpinan dari keanggotaan yang lama ke keanggotaan yang baru. Regeneration ini membuat kepengurusan tidak akan pernah terhenti dan mengalami siklus berkelanjutan. Dalam materi ini, kami belajar banyak hal mengenai betapa pentingnya peran setiap orang dalam kepengurusan. Acara diakhiri dengan foto bersama dan juga doa.

Kegiatan LDK CP tidak berhenti pada hari pertama saja, akan tetapi dilanjutkan hingga hari kedua. Kegiatan LDK CP hari kedua tidak kalah asik dengan LDK CP hari pertama. LDK CP hari kedua diawali dengan pembukaan oleh MC, doa pembuka, dan ice breaking. Lalu masuk ke dalam materi hari kedua.

Hari kedua, kami dibekali dengan cara untuk terlibat di dalam organisasi dalam tema “How to be Engage in Organization”. Kami dibekali bagaimana cara untuk terlibat aktif di dalam organisasi. Mulai dari cara dalam terlibat secara aktif didalamnya, menyalurkan ide dan gagasan untuk mencapai tujuan bersama-sama, mampu mengajak para anggotanya untuk terlibat secara aktif di dalamnya, serta menyatukan gagasan untuk mencapai tujuan bersama. Pada materi ini, kami juga dijelaskan bagaimana cara untuk mengajak satu dengan yang lainnya untuk bekerja bersama-sama untuk mencapai sebuah tujuan yang sama. Kami dibekali bagaimana mengatasi konflik atau kesalahpahaman antar anggota karena sering kali kita dihadapkan dengan anggota-anggota kelompok yang memiliki latar belakang yang berbeda sehingga masing-masing individu memiliki pemikirannya sendiri dan terkadang mereka terlalu pasif dalam organisasi. Kemudian bagaimana cara kita untuk mengajak para anggota tersebut bersatu untuk mencapai tujuan bersama, sehingga apa yang dikerjakan memiliki hasil yang maksimal.

Adapun materi tentang empat jenis team player dalam sebuah kelompok, yakni collaborator, challenger, contributor, dan communicator. Keempatnya memiliki karakteristik uniknya masing-masing untuk mencapai keberhasilan sebuah tim atau kelompok. Disela-sela penjelasan materi, kami mendapat tugas untuk berdiskusi mengenai materi yang sudah dijelaskan. Setiap materi dijabarkan dengan sangat jelas dan interaktif, membuat kami mudah untuk melakukan diskusi. Kegiatan LDK CP hari ke dua ditutup dengan kata penutup oleh project manager, dilanjutkan dengan mengisi link kehadiran, doa penutup, dan foto bersama.

Kegiatan LDK CP yang berlangsung selama dua hari ini memberikan banyak perubahan ke arah yang baik pada diri peserta. Kami mendapat banyak ilmu terkait organisasi dan kami belajar mengenai cara bagaimana kami harus menyampaikan pendapat kami terkait ilmu-ilmu yang diajarkan.

Angelina Putri, Benediktus Bagas, Dian Zulyanti, Imelda Bapaimu, Imelda Evania, Mulya Damayanti, dan Sisilia Farneubun