Welcoming Party & HUT PGSD 2022

Welcoming Party dan HUT PGSD 2022

    Universitas Bina Nusantara merupakan universitas yang memberikan wadah bagi mahasiswanya untuk berkembang. Ini dibuktikan dengan eksistensi Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD). HIMPGSD adalah wadah bagi mahasiswa jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) untuk mengembangkan keterampilan.

    Sebagai wadah pengembang keterampilan mahasiswa PGSD, HIMPGSD memiliki program kerja yang kreatif dan menyenangkan. Salah satu program kerja kreatif dan menyenangkan yang dibuat oleh HIMPGSD adalah Welcoming Party dan HUT PGSD.

    Kegiatan Welcoming Party dan HUT PGSD merupakan kegiatan tahunan yang diadakan oleh HIMPGSD. Kegiatan ini bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru jurusan PGSD sekaligus merayakan ulang tahun PGSD.

    Beberapa tahun sebelumnya, kegiatan ini dilaksanakan secara daring sehingga interaksi antar mahasiswa jurusan PGSD terbatas. Sebuah hal baik pada tahun ini karena kegiatan Welcoming Party dan HUT PGSD dilaksakan secara hybrid setelah Welcoming Party dan HUT PGSD tahun sebelumnya diadakan secara daring penuh.

    Pada tahun ini, Welcoming Party dan HUT PGSD dilaksanakan dengan tema Bring Back All The Vibes. Kegiatan ini mengembalikan kembali vibes beraktivitas para mahasiswa jurusan PGSD di kampus setelah sekian lama melakukan aktivitas secara daring sebab Covid-19.

    Kegiatan Welcoming Party dan HUT PGSD berlangsung dalam durasi waktu yang cukup lama yaitu enam jam. Meski berlangsung lama, peserta yang hadir dalam acara ini antusias dari awal hingga akhir kegiatan.

    Kegiatan WPHUT PGSD dimulai dengan open gate pada pukul 09.45. Di opengate ini, para peserta datang tepat waktu dengan mengenakan pakaian bertema retro/vintage. Setelah opengate, kegiatan HUT PGSD dibuka pada pukul 10.00 secara meriah oleh dua MC yaitu Ruth Gracia dan Lorensia Ria Audini dilanjutkan dengan pembacaan doa oleh Karlia Leila Bora, menyanyikan lagu Indonesia Raya, Hymne BINUS, dan Mars Binusian.

    Setelah menyanyikan lagu, kegiatan dilanjutkan dengan sesi sambutan dari Dhea Maharani sebagai Ketua Acara WPHUT PGSD, Jupiter sebagai ketua HIMPGSD, Bapak Rahmat Ilahi, S.Pd sebagai Ketua SOA, dan sambutan dari Ketua Jurusan yaitu Ibu Dr. Elisa Carolina Marion, S.S, M.Si.

    Kegiatan dilanjutkan dengan penayangan video “BINUS UNIVERSITY Profile Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar ” dan video “Semua Orang Pasti Bisa Meraih Mimpinya | Beasiswa Primary Teacher Education”. Setelah penayangan video, terdapat sesi kilas balik lahirnya jurusan PGSD BINUS. Sesi ini dibawakan oleh Bapak Jimmy Sapoetra, S.S., M.Pd.

    Selanjutnya kegiatan dilanjutkan dengan penampilan mahasiswa jurusan PGSD angkatan 2026, sharing session oleh Audya Rezekhy Agata bersama Maria Dela Angestiningrum sebagai alumni dari jurusan PGSD, dan sesi QNA. Setelah sesi QNA, terdapat prosesi pemotongan tumpeng sebagai bentuk simbolis perayaan ulang tahun PGSD BINUS University, prosesi foto bersama, dan penampilan mahasiswa jurusan PGSD angkatan 2025. Setelah penampilan angkatan 2025, kegiatan HUT PGSD ditutup dan dilanjutkan dengan istirahat salat dan makan.

    Setelah kegatan HUT PGSD ditutup, kegiatan dilanjutkan dengan Welcoming Party yang dibuka pada pukul 13.18. Setelah pembukaan, Welcoming Party dilanjutkan dengan pengenalan HIMPGSD oleh Dhea Maharani sebagai Ketua acara bersama Jupiter, Ramitha Anjani, dan Anita Puspita Sari sebagai Dewan Pengurus Inti HIMPGSD. Setelah sesi pengenalan HIMPGSD, kegiatan dilanjutkan dengan pemutaran video program kerja HIMPGSD.

    Kegiatan Welcoming Party dilanjutkan dengan game estafet sarung. Dalam game ini, seluruh mahasiswa jurusan PGSD dari semua angkatan membaur menjadi satu. Dalam satu kelompok terdiri dari mahasiswa bermacam angkatan. Game ini meningkatkan  solidaritas mahasiswa PGSD dan meningkatkan kemampuan berinteraksi sosial mahasiswa yang hadir dalam kegiatan ini.

Setelah bermain game, kegiatan Welcoming Party dilanjutkan dengan penyampaian pesan dan kesan oleh perwakilan mahasiswa PGSD angkatan 2026, pengumuman pemenang kostum terbaik, serta penampilan special performance berupa penampilan cover lagu oleh mahasiswa PGSD angkatan 2025.

Setelah menyaksikan special performance, kegiatan ini dilajut dengan pembacaan menfess yang sudah peserta kirim sebelum berlangsungnya acara. Setelah pembacaan menfess, terdapat penampilan mahasiswa PGSD angkatan 2024, penutupan acara oleh MC, dan pembacaan doa penutup oleh Mulya Damayanti. Sebelumpeserta meniggalkan tempat, terdapat prosesi foto bersama agar peserta mampu menyimpan kenangan mengikuti kegiatan Welcoming Party dan HUT PGSD.

Mulya Damayanti