IYC “INDONESIAN YOUTH COMPETITION” HIMPGSD 2020

IYC

INDONESIAN YOUTH COMPETITION

 

Salah satu jurusan di BINUS University yang berlatar belakang mengenai guru adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). PGSD BINUS University ini telah membentuk sebuah  organisasi kemahasiswaan yang bernama HIMPGSD merupakan organisasi yang bergerak di bidang Pendidikan. Sebagai bentuk kontribusi HIMPGSD dalam bidang Pendidikan, untuk pertama kali nya kami mengadakan acara  yang bernama“Indonesian Youth Competition”.

 

IYC “Indonesian Youth Competition” ini merupakan acara yang diadakan untuk pertama kali nya oleh HIMPGSD yang bertema “Pemuda Produktif Ciptakan Karya Inspiratif”. Latar Belakang kami memilih tema tersebut karena di jaman saat ini dibutuhkan orang-orang yang aktif produktif untuk itu melalui acara ini kami mengajak pemuda/i Indonesia menjadi orang yang produktif menciptakan karya-karya yang berguna dan inspiratif untuk semua orang, sehingga diharapkan mereka dapat membuat Negara Indonesia menjadi negara maju yang inspiratif lewat karya-karya pemuda/i bangsa. Acara yang kami buat ini masih berhubungan dengan pendidikan, karena kami HIMPGSD merupakan organisasi mahasiswa jurusan PGSD maka kami ingin menghasilkan pemuda-pemudi bangsa Indonesia yang cerdas, penuh dengan semangat, dan berintregitas tinggi.

 

Dalam kegiatan ini terdapat seminar pendidikan dengan judul, ‘Memilih Jurusan yang Tepat sesuai Minat dan Bakat’ dan lomba yang menarik, di antaranya terdapat Lomba Essai untuk siswa/i SMA/SMK Sederajat, Lomba Media Pembelajaran Berbasis Infografis untuk siswa/i SMA/SMK Sederajat dan mahasiswa/i Universitas. Selain itu kegiatan ini juga merupakan rangkaian kegiatan dalam memperingati hari lahir HIMPGSD yang jatuh pada tanggal 28 Oktober nanti. Melalui kegiatan “Indonesian Youth Competition” dan HUT HIMPGSD ini, diharapkan program studi PGSD BINUS University lebih dikenal masyarakat luas. Acara  HUT HIMPGSD diadakan juga untuk menjalin silahturahmi antara para anggota HIMPGSD dengan begitu para anggota HIMPGSD dapat semakin memiliki rasa kekeluargaan, kerja sama serta kekompakan  satu sama lain. Di ulang tahun HIMPGSD yang ke-5 kami ingin membuat inovasi baru dengan mengadakan kegiatan “ Indonesian Youth Competition”, dengan begitu kami dapat lebih berkontribusi dalam dunia pendidikan dan mewujudkan visi HIMPGSD yaitu berpartisipasi dan berkontribusi di tingkat nasional pada tahun 2020.

 

Kegiatan IYC ini diadakan pada hari Sabtu 31 Oktober 2020 yang dilaksanakan di rumah masing-masing secara online karena adanya pandemic ini dan masa PSBB masih berlangsung maka acara ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi video conference “Zoom”. Peserta yang hadir dalam acara ini adalah siswa/i SMA/SMK Sederajat, Mahasiswa/i Universitas dari berbagai kota di Indonesia, dan dosen PGSD BINUS University dengan total peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 165 peserta.

DOKUMENTASI

IYC (Indonesian Youth Competition) 2020