Bunaken dan Suara Birunya

Bunaken Dan Suara Birunya

Laut merupakan sumber kehidupan kita, karena laut juga mendukung makanan umat manusia dan setiap organisme lain di bumi. Setidaknya 70% bagian bumi merupakan lautan. Maka dari itu setidaknya 50% oksigen yang berada di bumi ini berasal dari lautan. Lautan juga merupakan merupakan rumah bagi sebagian besar keanekaragaman hayati bumi, dan merupakan sumber protein utama bagi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia.

Dalam memperingati Hari Laut Sedunia, kita akan memperkenalkan salah satu wisata laut di Indonesia yang terkenal dengan keindahan di bawah lautnya dan dikenal dengan keanekaragaman hayatinya, Bunaken. Bunaken merupakan salah satu wisata laut yang sangat terkenal dengan keanekaragaman hayati yang luar biasa. Lebih dari 2.000 spesies ikan berbeda telah diidentifikasi di kawasan ini, menjadikannya salah satu kawasan dengan keanekaragaman hayati terbesar di dunia. Kehadiran spesies ikan hias yang indah dan unik, serta spesies langka seperti dugong dan paus sperma, menambah daya tarik Bunaken dan menjadikannya sebagai surga bagi para penggemar kehidupan laut. Lebih dari 70 jenis terumbu karang yang berwarna-warni dan indah tersebar di wilayah ini. Bunaken terletak di Teluk Manado, sebelah utara dari Pulau Sulawesi.  Bunaken terletak di Taman Nasional Laut Bunaken tepatnya di Sulawesi Utara, di Manado. Dari pelabuhan Marina Blue Banter, para wisatawan perlu menggunakan kapal selama sekitar 20 menit untuk menuju ke Pulau Bunaken.

Bunaken juga merupakan salah satu taman wisata laut yang mengambil langkah serius dalam rangka pelestarian wisata. Upaya pelestarian termasuk melarang penggunaan bahan kimia berbahaya, penangkapan ikan yang merusak lingkungan, serta mengadakan program edukasi dan kesadaran lingkungan. Keterlibatan aktif pemerintah dan masyarakat setempat dalam pelestarian lingkungan membuat Bunaken menjadi kawasan yang terjaga dengan baik dan memberikan perlindungan bagi keanekaragaman hayati dan terumbu karangnya. Langkah yang telah dilakukan Bunaken ini merupakan langkah yang sangat tepat untuk melestarikan wisata lautnya. Faktanya Lautan menghasilkan setidaknya 50% oksigen planet ini, merupakan rumah bagi sebagian besar keanekaragaman hayati bumi, dan merupakan sumber protein utama bagi lebih dari satu miliar orang di seluruh dunia. Jika lautan tidak dijaga dan tidak dilestarikan dengan baik akan banyak hal yang tidak diinginkan terjadi. Ini merupakan salah satu edukasi yang perlu disosialisasikan kepada generasi mendatang. Sebab, lautan menutupi lebih dari 70% planet ini. Itu adalah sumber kehidupan kita, mendukung kelangsungan umat manusia dan setiap organisme lain di bumi.

Harga tiket masuk Taman Nasional Bawah laut Bunaken untuk WNI dikenakan Rp50.000 saja. Sedangkan untuk WNA dikenakan biaya seharga Rp150.000. Taman laut yang berada di sekitar Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional yang juga mencakup lautan di sekitar Pulau Manado Tua, Siladen dan Mantehage. Selain wisata di bawah laut di Bunaken juga terdapat banyak pulau-pulau kecil.  Pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitar Bunaken menambah daya tarik para wisatawan yang hendak berkunjung kesana. Pulau-pulau kecil ini memiliki pantai berpasir putih yang indah dan dikelilingi oleh perairan biru yang tenang. Para wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan laut dengan berperahu di sekitar pulau-pulau kecil di Bunaken. Pada pulau-pulau ini, para wisatawan juga dapat menikmati sinar matahari, hembusan angin laut, dan pemandangan panorama yang menakjubkan sambil menjelajahi keindahan alam yang mengagumkan. Pemandangan indah ini menciptakan suasana yang damai dan menenangkan, serta memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi para wisatawan yang berkunjung.

Pada Taman laut Bunaken terdapat berbagai macam biota laut yang menarik dan unik. Seperti contohnya adalah terumbu karang dengan warna-warnanya yang menarik. Terdapat sekitar 400 spesies terumbu karang serta lebih dari 3000 spesies ikan di sini. Terumbu karang Bunaken merupakan salah satu yang terbaik di dunia dan menawarkan pemandangan yang menakjubkan dengan berbagai jenis ikan hias, koral, dan biota laut lainnya. Dengan air yang jernih, para wisatawan dapat menikmati snorkeling atau menyelam untuk melihat langsung kehidupan bawah laut yang indah di sini. Dengan keindahan di bawah lautnya, Bunaken juga menawarkan berbagai aktivitas wisata laut yang menarik. Bagi para penyelam, terdapat beragam situs menyelam yang menakjubkan dengan dinding-dinding terumbu karang yang curam dan terumbu karang yang menakjubkan. Pecinta snorkeling juga dapat menikmati keindahan bawah laut dengan cara yang lebih mudah dan santai. Para wisatawan dapat menyewa peralatan snorkeling dan menjelajahi keindahan terumbu karang yang berwarna-warni. Di Bunaken terdapat banyak situs penyelaman.  Ada sekitar 30 lokasi penyelaman yang sering dikunjungi oleh para wisatawan. Lokasi penyelaman terbaik yang terdapat di Bunaken adalah di dekat Pulau Bunaken dan Pulau Manado Tua. Beberapa situs penyelaman terbaik yang dapat dikunjungi dan dinikmati para wisatawan:

  1. Lekuan I: di lokasi ini terdapat dinding terumbu karang yang curam dan indah dengan kehidupan laut yang sangat beragam. Disini para wisatawan akan melihat ikan-ikan pelagis, kura-kura laut, dan terumbu karang yang beragam di sini.
  2. Lekuan II: Situs ini sangat dikenal dengan keindahan terumbu karang yang sangat beragam dan unik. Di situs ini juga terdapat berbagai spesies ikan tropis  unik yang menghuni situs tersebut.
  3. Sachiko Point: situs ini dikenal dengan keindahan dan warna-warni terumbu karangnya. Di situs ini, para wisatawan dapat menemukan dan menikmati berbagai spesies ikan seperti nemo, damsel, dan kuda laut.
Geraldine Brigitta