Era Metaverse di Dunia Digital

      ERA METAVERSE di DUNIA DIGITAL

       Dunia sedang berada di era Metaverse. Mulai banyak orang yang tertarik dan memperbincangkannya bahkan ikut bergabung dalam Metaverse ini. Mari kita bahas Metaverse ini lebih lanjut 

      Metaverse merupakan tingkat yang lebih tinggi dalam dunia internet dimana kehidupan virtual dibuat semirip mungkin dengan dunia nyata dengan tujuan memudahkan aktivitas – aktivitas di dunia nyata dengan kecanggihan digital. Kata Metaverse sudah ada sejak 1992 yang digunakan pertama kali oleh Neal Stephenson di dalam novelnya yang berjudul “Snow Crash“. 

       Banyak hal yang bisa dilakukan di dalam Metaverse ini, seperti halnya konser virtual. Jika dulu ingin ke konser harus rela meluangkan banyak waktu yang terbuang, di perjalanan misalnya, dengan metaverse hal itu bukanlah sebuah permasalahan lagi.  

     Sama seperti di dunia nyata, di dalam metaverse juga bisa membeli pakaian atau barang lainnya, misalnya karya seni. Nantinya pakaian ini akan digunakan oleh avatar milik pribadi. Fenomena ini disebut digital fashion.  

       Bekerja juga ikut terkena dampak dari Metaverse ini. Pekerjaan akan jauh lebih mudah, tidak ada kata terlambat karena macet di jalan karena kita bisa bergabung langsung ke kantor secara virtual di Metaverse, dan yang tidak asing adalah di Metaverse, kita dapat bermain game secara virtual, tetapi dengan sentuhan yang nyata.  

         Nah itulah penjelasan mengenai Metaverse yang tengah menggandrungi kita sekarang. Dengan demikian, kita harus bersiap-siap beradaptasi dengan teknologi yang terus berkembang pesat 

Dian Zulyanti