Pendidikan sebagai Gerbang Utama untuk Mencapai Kesuksesan

Pendidikan sebagai Gerbang Utama untuk Mencapai Kesuksesan

    Seperti yang kita ketahui bahwa pendidikan itu sangat penting, pendidikan juga merupakan sebuah wadah yang dapat membantu kita dan setiap orang untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi berbagai perubahan yang terjadi di era globalisasi saat ini dan dengan seiring berjalannya waktu dengan membawa setiap perubahan-perubahan, maka diharapkan setiap orang memiliki pendidikan yang cukup sebagai bekal untuk menghadapi setiap perubahan yang akan terjadi.  

    Pendidikan merupakan suatu  pembelajaran pengetahuan dan keterampilan, serta kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan secara turun temurun dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.  Dengan adanya pendidikan diharapkan setiap orang memiliki pengetahuan yang luas dan bisa berpikir dengan bijak sehingga dapat mempertimbangkan sesuatu dengan tepat. 

     Setiap orang dapat menempuh pendidikan mulai dari lingkungan paling kecil yaitu lingkungan keluarga yang di mana di dalam lingkungan keluarga setiap orang akan belajar hal-hal kecil sebelum ia melangkah keluar dari lingkungan keluarga, karena keluarga adalah orang yang pertama kali dikenal oleh seorang anak. Sebagai contoh orang tua dapat mendidik anaknya untuk belajar bagaimana cara sopan santun, belajar etika yang baik sehingga jika anak tersebut hendak melangkah keluar maka, ia dapat menerapkan apa yang telah diajarkan oleh orang tuanya. Seorang anak atau setiap orang dapat menempuh pendidikan mulai dari pendidikan PAUD-TK-SD-SMP-SMA/SMK sampai perguruan tinggi bahkan lebih dari itu karena pendidikan tidak mengenal umur.  

    Di dalam masyarakat pendidikan sangat berperan penting sebagai wahana untuk bertahan hidup dan mengembangkan kehidupan. Karena di dalam masyarakat akan ada setiap orang yang berbeda-beda suka, ras, agama, bahasa, kebudayaan maupun yang lainnya, oleh  karena itu pendidikan juga sangat penting di dalam masyarakat tersebut. 

    Nah, jika dilihat dari berbagai daerah di Indonesia masih banyak orang atau pun anak-anak yang belum mendapatkan pendidikan yang baik atau pendidikan tersebut tidak merata. Bahkan tempat untuk belajar saja masih belum ada atau tempat nya masih menggunakan rumah-rumah warga sebagai sekolah, sebagai contoh yaitu dari tempat saya berasal yaitu provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) khususnya di Sumba, sistem pendidikan disana masih belum terlalu memadai seperti di pelosok-pelosok desa, anak-anak masih banyak yang belum bisa bersekolah seperti yang lainnya karena yang menjadi faktor paling utamanya adalah keadaan ekonomi keluarga, hal ini sangat mempengaruhi pendidikan seorang anak. Selain itu keberadaan sekolah yang jauh dari tempat tinggal, namun demi menempuh masa depan yang cerah anak-anak didaerah tersebut harus menempuh jarak jauh untuk bersekolah. 

   Pendidikan di daerah dan di perkotaan juga sangat berbeda yang di mana keadaan persekolahan didaerah masih sangat tidak memadai serta fasilitas sekolah tidak semuanya lengkap, sedangkan di perkotaan kondisi persekolahan sangat baik dan fasilitas sekolah sangat lengkap, sehingga jika dilihat pendidikan di perkotaan justru lebih unggul dibandingkan pendidikan di daerah-daerah.  

    Manfaat pendidikan tidak hanya sebatas mendapatkan ilmu. Bagi setiap individu pendidikan tentu sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas seseorang  seperti pengembangan keterampilan, peluang kerja.  

    Pada dunia pekerjaan setiap orang akan mungkin bisa mendapatkan pekerjaan yang di mana jika seseorang tersebut memiliki pendidikan yang baik  akan dapat diterima di tempat kerja mana pun, seperti yang kita ketahui didunia yang sudah modern ini setiap pekerjaan cenderung memerlukan seseorang yang memiliki pendidikan yang cukup baik, yang memiliki ahli dibidang-bidang tertentu.  

 

 

Angelina Putri