Pengabdian Kepada Masayarat (PKM) HIMPGSD 2020

Pengabdian Kepada Masyarakat

Salah satu program studi fakultas Humaniora di BINUS University adalah Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). PGSD BINUS Unversity telah membentuk sebuah Himpunan Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HIMPGSD) sebagai organisasi kemahasiswaan yang menampung, menyalurkan dan melaksanakan banyak program kerja yang bersifat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan. Selain itu, menambah pengalaman baru dan bermanfaat serta memperkenalkan program studi PGSD adalah tujuan dari HIMPGSD itu sendiri. Dari semua program kerja yang telah direncakan oleh HIMPGSD, kegiatan yang akan diselenggarakan salah satunya adalah Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM merupakan program kerja rutin oleh HIMPGSD BINUS University yang bertujuan untuk membantu masyarakat dalam memperluas wawasan dengan pengetahuan bermanfaat yang jarang diketahui oleh masyarakat itu sendiri. Pada kesempatan ini, HIMPGSD menyelenggarakan kegiatan PKM ini dengan tema “A New Way of Education in Era New Normal”. Latar belakang kami memilih tema tersebut karena saat ini kita semua sedang menghadapi new normal dari pandemi covid-19  di Indonesia. New normal memiliki dampak yang dapat berpengaruh di bidang pendidikan, karena pandemi terjadi tanpa persiapan, kegiatan pembelajaran di sekolah menjadi pembelajaran via Daring atau online menjadi masalah serius, baik bagi guru, peserta didik, maupun wali peserta didik.

Oleh karena itu, kegiatan PKM dari HIMPGSD BINUS University mengadakan seminar online yang membahas mengenai pendidikan di era new normal yang meliputi kondisi, dampak dan solusi serta pembekalan dari kegiatan belajar mengajar saat ini. Diharapkan, seminar ini akan menjadi pembelajaran dan menambah wawasan untuk mahasiswa PGSD dan masyarakat luas agar dapat menghadapi dampak new normal ini sehingga pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik dan lebih bermutu.

Kegiatan PKM ini berlangsung selama empat hari, dimulai pada tanggal 10 Agustus 2020 hingga 13 Agustus 2020. Acara yang diselenggarakan pun sangatlah bervariatif, mulai dari seminar dengan judul ‘Pembelajaran Kreatif yang Dapat Diaplikasikan Selama Era New Normal’ dan ‘Dampak dan Solusi Pembelajaran di ERA NEW NORMAL bagi Masyarakat di Daerah Desa’ , Talkshow melalui Live Instagram, hingga kegiatan video campaign yang melibatkan banyak Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) baik dari internal BINUS maupun dari eksternal BINUS.  Pelaksanakan seluruh rangkaian acara kami secara online dikarenakan adanya pandemi dan masa PSBB yang masih berlangsung. Peserta yang hadir dalam acara ini adalah mahasiswa dan guru, yang jika dijumlahkan, total peserta yang hadir dan berpartisipasi dalam keseluruhan acara ini berjumlah 328 peserta.