7 Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Guru Sebagai Pendidik Karakter

7 Kompetensi yang Harus Dimiliki Seorang Guru Sebagai Pendidik Karakter

Elisabeth Novanta Lamba

2101699281

               Guru. Apa yang pertama kali terlintas di pikiran kalian ketika mendengar kata guru?

Beberapa orang pasti akan langsung berfikir guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa, orang yang mendidik murid di sekolah, guru merupakan pekerjaan yang mulia, atau bahkan ada yang berfikir guru merupakan salah satu pekerjaan yang memiliki gaji yang cukup kecil jika dibandingkan dengan pekerjaan lainnya. Sebagian besar dari pemikiran orang di atas adalah benar. Tetapi tidakah kalian tahu bahwa menjadi seorang guru adalah tantangan tersendiri bagi setiap pribadi yang bekerja dibidang ini? Mendidik siswa di sekolah bukanlah hal yang mudah, sering sekali ditemukan hambatan-hambatan selama proses pembelajaran berlangsung. Dalam mendidik siswanya di sekolah guru tentunya juga harus menjadi contoh yang baik bagi siswanya terutama dalam menanamkan nilai karakter.

Berikut adalah 7 kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru sebagai pendidik karakter :

  1. Guru harus bisa menjadi model/figure yang baik bagi murid.

Apapun yang dilakukan oleh seorang guru di sekolah maka siswanya pun akan menirunya, terlebih siswa yang duduk dibangku Sekoalah Dasar. Oleh karena itu, seorang guru tentunya harus memberikan contoh yang baik kepada siswanya.

  1. Guru harus bisa membangun moral kehidupan kepada siswa.

Menanamkan nilai karakter kepada siswa tidak hanya sekedar pendidikan karakter saja, tetapi dengan harapan hal tersebut dapat diterapkan siswa dalam berperilaku terhadap orang lain.

  1. Guru harus melibatkan murid dalam pembentukan karakter itu sendiri.
  1. Guru harus bisa memposisikan diri di dalam kelas.

Memposisikan diri disini dimaksudkan bahwa guru harus bisa bertanggungjawab dalam setiap tindakan atau keputusan yang di ambil untuk mengatasi setiap siswa di dalam kelas.

  1. Mendorong siswa membangun karakter melalui pengalaman.

Ketika seorang guru ingin menanamkan karakter kepada siswa, sebagai contoh karakter peduli sosial dan bersahabat, alangkah baiknya guru mengajak siswa mengunjungi tempat-tempat panti sosial yang berada didekat sekolah atau melakukan kegiatan sosial lainnya. Sehingga siswa dapat merasakan secara langsung dan dengan harapan siswa dapat memembangun karakter melalui pengalaman yang telah ia lakukan.

  1. Guru harus bisa membangun budaya yang baik di dalam kelas.
  1. Sebelum melaksanakan aktivitas di dalam kelas guru sebaiknya menjelaskan kepada siswa peraturan-peraturan apa saja yang berlaku sehingga siswa harus menaatinya. Hal ini dimaksudkan agar ketika siswa melakukan setiap aktvitasnya di luar sekolah siswa tidak melanggar peraturan yang telah ditetapkan sehingga siswa akan menjadi pelaku moral yang baik.

Semoga bermanfaat 😉