Ayo Semangat Belajar!

AYO SEMANGAT BELAJAR!

Dewi Kartini Lestari

2101714471

 

Motivasi belajar tentu amat sangat dibutuhkan untuk meningkatkan semangat belajar pada sang anak. Hal ini sangat perlu untuk dilakukan dan diperhatikan. Terlebih untuk anak yang sudah menginjak bangku sekolah dasar. Mereka memerlukan perhatian lebih sehingga mereka terdorong untuk mau mempelajari sesuatu.

Tanpa motivasi, semangat belajar sang anak akan menurun, begitu pula dengan prestasi belajarnya. Mereka akan mudah merasakan jenuh sehingga tidak mau lagi untuk belajar. Sehingga untuk menghindari hal-hal tersebut, baik guru maupun orang tua, penting sekali untuk menyampaikan atau memberikan motivasi pada sang anak.

Berikut ini cara memotivasi anak untuk belajar.

  1. Beri pemahaman dan pengertian

Pertama-tama, seorang anak perlu diberi pemahaman bahwa belajar menjadi hal yang penting. Beri tahu bahwa belajar membantu kita mengetahui sesuatu yang baru. Selain itu, belajar juga menjadi gerbang utama dalam mencapai cita-cita kita.

  1. Kegiatan belajar yang beragam (variatif)

Mengapa hal ini perlu dilakukan oleh guru? Karena jika kegiatan yang sama selalu diulang, murid akan jenuh dan rasa semangat untuk dalam belajarpun akan berkurang. Materi yang disampaikan pun tidak akan terserap dengan baik, sehingga tujuan mengajar tidak akan tercapai.

Oleh karena itu, seorang guru perlu membuat suatu kegiatan yang beragam, yang membuat siswa menjadi lebih aktif dan selalu ingin tahu segala hal. Maka tujuan dalam pembelajaran bisa tercapai.

  1. Beri penghargaan

Ketika sang anak melakukan pencapaian dalam prestasinya atau telah belajar sungguh-sungguh, beri mereka pujian atau hadiah atas apa yang telah mereka capai. Buat mereka senang sehingga mereka akan tedorong untuk terus belajar.

  1. Membantu mencari jalan keluar

Ketika mereka merasa tidak mampu mempelajari sesuatu atau gagal mencapai target, guru harus segera bertindak dengan membantu siswa mencari jalan keluar sehingga murid tidak putus asa dan mau meningkatkan prestasinya. Hal ini pula membuat siswa merasa diperhatikan sehingga mereka akan terdorong dan termotivasi untuk terus belajar.

Ayo beri semangat kepada anak didik kita untuk terus belajar!

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://guruppkn.com/cara-meningkatkan-motivasi-belajar-anak