REKOMENDASI FILM PENDIDIKAN

BEST EDUCATION MOVIES

Haruni Alifa

2101686442

Anda penggemar film bernuansa kehangatan keluarga dan bertemakan pendidikan? Beberapa film di bawah ini adalah film yang tepat untuk mengisi weekend Anda bersama keluarga. Selamat menyaksikan!

1. Wonder (2017)

sumber :http://www.imdb.com/title/tt2543472/

Wonder adalah film yang diangkat dari sebuah novel karya R.J. Palacio dan dibintangi oleh Julia Roberts, Owen Wilson, dan Jacob Trembley. Film ini mengisahkan tentang seorang anak bernama Auggie yang memiliki kelainan wajah sejak lahir yang disebut kelainan craniofacial disease—kelainan yang terjadi pada kepala dan seluruh organ yang berada di kepala. Karena hal tersebut, Auggie tidak pernah menginjak bangku sekolah. Ia dididik oleh sang ibunda dan kakaknya, Isabel. Sampai pada suatu ketika keluarga Auggie memutuskan untuk menyekolahkan Auggie karena ia perlu untuk bersosialisasi dengan orang-orang sebayanya. Akhirnya, Auggie harus menghadapi kehidupan barunya di bangku kelas lima sekolah dasar dan menjalani roller coaster kehidupan. Namun, Auggie tetap bertahan karena dukungan dari keluarga tercinta dan teman – teman sejatinya. Film ini mengajarkan kita bagaimana memperlakukan orang lain yang kurang beruntung, menghargai perbedaan, dan menolong sesama. Tentunya, film ini disajikan dengan humor yang menarik namun berisi pesan yang mendalam.

2. Dangerous Mind(1995)

Dangerous Mind adalah film yang menceritakan tentang LouAnne Johnson atau sering dipanggil Mrs. John yaitu seorang mantan marinir yang menjadi guru Bahasa Inggris di Parkmont High School. Ia memutuskan untuk berhenti menjadi marinir karena bercerai pada suaminya dan mengambil kesempatannya menjadi guru Bahasa Inggris. Saat menjadi guru, Mrs. John dihadapkan dengan kelas yang memiliki siswa dari latar belakang berbeda-beda dan berasal dari keluarga yang tidak mementingkan pendidikan. Dan kelas tersebut sudah memiliki reputasi buruk di Parkmont High School karena siswanya yang tak pernah berhasil lulus dalam ujian akhir. Bahkan guru lain yang pernah mengajar sebelumnya di kelas tersebut sudah menyerah. Namun, Mrs. John percaya bahwa ia dapat membawa perubahan baik pada mereka. Segala cara yang unik dan berbeda dilakukan Mrs. John untuk membangkitkan antusiasme mereka untuk menuntaskan pendidikan di SMA. Film yang dibintangi oleh Michelle Pfeiffer ini disajikan dengan adegan yang mengharukan, memotivasi dan tentunya sangat berguna bagi para calon guru karena film ini mengajarkan kita untuk selalu bersemangat saat mengajar dan memahami bahwa setiap karakteristik siswa itu berbeda-beda.

3. Lean On Me (1989)
Lean On Me adalah film yang menceritakan tentang seorang kepala sekolah bernama Joe Clark di salah satu sekolah bergengsi, yaitu Eastside High School. Awalnya, Joe Clark adalah seorang guru dan tiba-tiba ia dipecat oleh dewan sekolah tersebut. Kepergian Joe Clark memutar seratus delapan puluh derajat Eastside High School. Sekolah tersebut menjadi terpuruk, baik dalam bidang akademik maupun moral siswa tersebut. Siswa di sekolah tersebut terjerat kriminal dan narkoba. Eastside High School terancam diambil alih oleh pemerintah karena tidak memenuhi syarat yaitu siswa yang lulus ujian kemampuan dasar harus mencapai 75%. Sedangkan pada ujian sebelumnya hanya 30% siswa yang lulus ujian kemampuan dasar. Para dewan sekolah merasa gusar karena dalam waktu 110 hari murid-muridnya masih tidak lulus ujian kemampuan dasar maka Eastside High School akan diambil alih oleh pemerintah. Dan melalui sebuah rapat dewan sekolah akhirnya diputuskan bahwa mereka akan memanggil kembali Joe Clark untuk menjadi kepala sekolah di Eastside High School. Dalam film ini terdapat banyak adegan yang menginspirasi dan mengharukan, terutama antusias Joe Clark dalam membangun Eastside High School dari awal kembali.

4. Gifted (2017)
Gifted adalah film yang mengisahkan tentang seorang anak bernama Mary yang berusia tujuh tahun. Ibu Mary meninggal saat Mary masih kecil dan ia diasuh oleh pamannya, Frank. Gadis ini dikategorikan sebagai anak yang special karena diberkahi kecerdasan lebih dari anak seumurannya pada umumnya. Mary terkenal jenius terutama pada bidang matematika. Mary lebih suka sekolah privat daripada sekolah umum karena kurikulum standar belajar sekolah biasa terasa lamban oleh gadis cilik ini. Namun, paman Mary memutuskan untuk membawa Mary ke sekolah umum agar ia dapat bersosialisasi dan berteman dengan orang-orang baru. Di dalam film ini disajikan cara bagaimana guru Mary menghadapi gadis yang diberkahi kecerdasan lebih di dalam kelas dan tetap menganggap serius pembelajaran tersebut meskipun ia sudah bisa dan ahli dalam bidang tersebut. Film ini juga mengajarkan banyak tentang karakter dan pelajaran dalam kehidupan, terutama dari sosok paman Frank yang sangat humble dan gentle.