Mengetahui Sumber Daya Alam

Sumber Daya Alam (SDA) adalah segala sesuatu yang berasal dari alam yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan makhluk hidup. Sumber daya alam tidak hanya tentang komponen biotik atau komponen yang hidup seperti hewan, tumbuhan, mikroorganisme, dsb tetpai komponen abiotik atau komponen yang tidak hidup termasuk dalam sumber daya alam seperti minyak bumi, gas alam, logam, air, tanah, dsb.

Pada umumnya, sumber daya alam berdasarkan sifatnya dapat digolongkan menjadi sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.

  • Sumber daya alam yang dapat diperbarui yaitu keadaan alam yang dapat terus ada selama penggunaannya tidak dipergunakan secara berlebihan atau eksploitasi. Contohnya tumbuhan, hewan, sinar matahari, angin, mikroorganisme.

 

  • Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui  yaitu sumber daya alam yang jumlahnya terbatas karena penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukannya dan jika diekplotasi secara berlebihan makan sumber daya alam tersebut akan habis. Contohnya gas alam, minyak bumi, bahan tambang  yaitu besi, emas, dsb.

 

 

Sumber Daya Alam Biotik

(termasuk Sumber Daya Alam yang dapat diperbarui)

 

Sumber Daya Alam Abiotik

(termasuk Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbarui)