Pendidikan Penting Bagi Kehidupan

Pendidikan memiliki arti proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau  kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan latihan. Arti pendidikan menurut bapak pendidikan yaitu  Ki Hajar Dewantara “Pendidikan adalah daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakatnya.” Pendidikan dapat membentuk karakter maupun ilmu yang dimiliki seseorang. Tujuan pendidikan adalah menciptakan seseorang yang berkualitas dan berkarakter sehingga memiliki pandangan yang luas kedepan, dan untuk mencapai suatu cita- cita yang di harapkan serta mampu beradaptasi secara cepat dan tepat di dalam berbagai lingkungan dimana kita berada. Menuntut ilmu itu tidak ada batasan usia dan tidak ada kata terlambat atau dapat dikatakan selama kita hidup merupakan sebuah proses pendidikan baik di dalam lingkungan keluarga, masyarakat atau dimanapun kita berada.

Berbicara tentang pendidikan pasti semua akan setuju dan beranggapan bahwa pendidikan merupakan sebuah langka utama yang berharga untuk menyongsong masa depan yang lebih baik. Saat ini pendidikan merupakan kebutuhan utama karena pendidikan, kita dapat mengubah taraf  kehidupan sesorang dengan layak, contohnya; seseorang yang sebelumnya memiliki kehidupan yang serba sulit namun jika ia tetap semangat dan tidak putus asa dalam belajar dan berusaha keras untuk mendapatkan masa depan yang lebih, tidak menutup kemungkinan ia akan mendapatkan kehidupan yang lebih baik.  Pendidikan juga dapat berguna untuk kehidupan di keluarga bahkan berguna bagi negara untuk menjadikan negaranya lebih maju.

Karena pendidikan dapat memotivasi diri sendiri untuk lebih baik dalam segala aspek kehidupan. Bangsa yang maju tentu merupakan cita-cita yang ingin dicapai oleh setiap negara di dunia, faktor pendidikan juga merupakan salah satu kunci utama maju atau tidaknya suatu negara. seperti yang kita ketahui bahwa suatu Pendidikan tentunya akan menghasilkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas baik dari segi spritual, intelegensi dan skill seseorang yang merupakan proses mencetak generasi penerus bangsa. Pendidikan dianggap penting karena dapat menjadi bekal untuk memperoleh pekerjaan yang layak. Padahal tujuan pendidikan tidak seperti itu, pendidikan penting karena ingin memanusiakan manusia sesuai dengan teori pendidikan. Dalam tingkatan tertentu, dengan pendidikan juga mengasah kemampuan dan ketraplilan kita dalam menghadapi masalah dan menyelesikanya dengan cara yang cepat dan tepat.

Refrensi:

https://no3vie.wordpress.com/pentingnya-pendidikan-bagi-semua-orang/

http://belajarpsikologi.com/pentingnya-pendidikan-bagi-kehidupan/

http://pengemisjalanan.blogspot.co.id/2011/05/pentingnya-pendidikan-bagi-kehidupan.html

http://www.kompasiana.com/hernirosteti/pentingnya-pendidikan-dalam-kehidupan_58274c3723b0bd183019ccb6

 

Delly Rachma Putri