MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DENGAN TEORI IVAN PAVLOV

Sumber Gambar : https://susilowati686.files.wordpress.com/2012/12/cropped-un-sd.jpg

Sebagai seorang guru, permasalahan yang sering ditemukan adalah siswa tidak fokus dan tidak konsentrasi saat mengikuti pembelajaran. Salah satu faktor dari permasalahan tersebut adalah kurangnya minat siswa untuk mengikuti kegiatan pembelajaran. Hal ini dapat diatasi dengan menggunakan teori belajar aliran behaviorism yang dikemukakan oleh Ivan Pavlov. Teori behaviorism berpandangan, bahwa suatu kebiasaan dapat dibentuk menggunakan rangsangan dan stimulus. Teori ini memiliki reinforcement (penguatan) yang berupa penguatan positif dan penguatan negatif. penguatan positif bertujuan untuk memperkuat stimulus, cotoh pujian; hadiah. Sedangkan penguatan negatif bertujuan untuk menahan stimulus, contoh nasihat; hukuman.

Dalam percobaannya, Pavlov menggunakan anjing sebagai objek percobaan. Pada tahap pertama, secara alami, seekor anjing akan mengeluarkan air liur ketika melihat makanan. Kemudian pada tahap kedua Pavlov membunyikan bel dan anjing tidak mengeluarkan air liur. Pada tahap ketiga dalam percobaannya, Pavlov selalu membunyikan bel terlebih dahulu dan setelah itu makanan diberikan kepada anjing, sebagai respon anjing mengeluarkan air liur yang kemudian hal ini dilakukan secara terus menerus. Pada tahap keempat, Pavlov hanya membunyikan bel tanpa disertai dikeluarkannya makanan dan anjing merespon dengan mengeluarkan air liur. Melalui percobaan ini, Pavlov menunjukkan bahwa suatu kebiasaan dapat dibentuk atau diubah.

Pengaplikasian teori tersebut adalah dengan memberikan reinforcement diawal pertemuan. Beberapa contoh pengaplikasian teori Pavlov saat pembelajaran diantaranya:

  • Ketika akan memulai pembelajaran, guru memberi tahu, bahwa diakhir kelas akan diadakan test berdasarkan materi yang dijelaskan hari ini. Yang mendapat nilai terbaik akan mendapat hadiah.
  • Ketika akan memberikan tugas kelompok, guru memberi tahu, bahwa dua kelompok terbaik akan mendapat tambahan nilai.
  • Guru memberikan peraturan, barang siapa yang membuat catatan secara lengkap akan mendapat reward berupa bintang.
Kevin