Apa Itu Belajar ?


Sumber Gambar : http://www.katalogibu.com/perkembangan-anak-2/yuk-ajak-si-kecil-belajar-di-mana-saja.html
Belajar ? Sudah tidak asing lagi kan dengan kata ini, bahkan sudah berulang kali kata ini kita dengar. Kita sudah belajar dari kecil hingga sekarang bahkan sampai nanti kita menutup usia. Tapi apakah kalian tahu apa sih belajar itu sebenarnya ? Kita belajar di mana pun kita berada, dan sudah pasti kita belajar di sekolah. Jadi apa ya sebenernya belajar itu ?
Menurut James O. Whittaker (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah proses dimana tingkah laku ditimbulkan atau diubah melalui latihan atau pengalaman. Secara tidak langsung, kita mengalami ataupun menyelesaikan sesuatu hal sendiri dan merasakannya sendiri, sudah termasuk dalam belajar. Menurut Cronchbach (Djamarah, Syaiful Bahri, Psikologi Belajar; Rineka Cipta; 1999) Belajar adalah suatu aktifitas yang ditunjukkan oleh perubahan tingkah laku sebagai hasil dari pengalaman. Apabila kita sudah memperlihatkan hasil dilihat dari perubahan tingkah laku atau tindakan yang kita berikan kepada orang lain, secara tidak langsung menurut cronchbach kita sudah belajar.
Dari definisi menurut para ahli di atas, kita tahu bahwa dalam belajar kita harus mengalami sendiri dan memperlihatkan hasil apa yang sudah kita ketahui kepada orang lain, maka dengan cara itu lah berarti kita sudah belajar.
Semoga dengan adanya artikel ini, bias memperluas wawasan kita semua dan membuka pikiran kita bahwa belajar bukan hanya di sekolah saja. Kita dapat belajar kapan saja dan dimana saja, semua tergantung dari diri kita sendiri.
Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : http://baktipemudanusantara.org/apa-itu-belajar.html

Angela Anggraeni