BERANI BERBUAT SALAH, BERANI BERTANGGUNG JAWAB

Tahun 2021 nampaknya sudah siap sekali ingin mengucapkan selamat tinggal kepada 12 bulan lainnya. Kini, dikala penghujung tahun, rasanya tepat sekali untuk dapat mengreview segala hal yang telah kita pikirkan, kerjakan, berikan, dan dapatkan di dalam 365 hari belakang ini. Kalau bagi teman-teman sekalian bagaimana? Setujukah bahwa tahun 2021 merupakan tahun terbaik di hidupmu? atau malah sebaliknya?

Bagi penulis sendiri, tahun 2021 adalah tahun yang dipenuhi anugrah. Pertama dan utama, alasannya adalah karena masih senantiasa diberikan nikmat hidup olehNya, masih dapat terbangun di tiap paginya dibawah atap bersama keluarga tercinta, masih dapat menyantap lauk hasil masakkan bunda, masih dihubungi teman untuk sekedar berbincang atau melakukan hal positif lainnya, masih diberikan kesehatan, masih melakukan kesalahan dan diberikan kesempatan untuk memperbaiknya. Tahun 2021 adalah tahun yang baik. 

Akhirnya, kita menyadarinya, bahwa setelah segala hal yang kita telah lakukan, maka kita harus dapat mengevaluasi segala hal tersebut, terlebih mengevaluasi diri menjadi pribadi yang jauh lebih baik lagi. That’s okay untuk berbuat salah, asal kita tahu dimana letak kesalahan kita dan kemudian senantiasa beritikad dan bertekad untuk memperbaikiknya. Toh, kita memang manusia yang sumbernya salah dan khilaf, namun yang pasti adalah kita harus berani salah namun berani bertanggung jawab pula atas kesalahan yang kita perbuat tersebut.

Edlina Hurin U Karina