Tips Berbelanja di Internet

Saat ini intermet sudah sangat berkembang dari segala sektor, begitu juga dari sektor ekonomi. Internet bias di gunakan sebagai tempat jual beli yang biasa di sebut blanja online, blanja online jauh lebih praktis disbanding kita harus membeli barang ke took. Namun yang perlu kita perhatikan, jangan sampai kita tertipu saat blanja online hanya dengan melihat foto yang di pasang pada laman penjualan. Oleh karena itu kali ini kami akan memberikan tips agar tidak tertipu saat belanja online.

Be Secure!

Kartu kredit adalah cara pembayaran paling banya di gunakan saat belanja online¸ harus di ingat nomor yang tertera tidak akan berubah kecuali Anda menutup dan membuka akun baru. Hal ini yang harus diperhatikan, karena sampai nomor ini diketahui oleh orang lain, akan ada kemungkinan bisa disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Cara mengatasinya yaitu, berbelanjalah di situs yang sudah dipercaya aman, caranya anda bisa mengamatinya dengan mencari icon gembok kecil yang bisanya terdapat pada pojok kanan atas URL bar.

Teliti Laman Tersebut Sebelum Membeli

Lakukanlah transaksi dengan ol shop atau website yang sudah di jamin keamanannya, atau yang sudah anda kenal, seandainya terpaksa harus bertransaksi dengan website yang asik, ada baiknya kita mencari tau latar belakang website tersebut, apakah pernah terjadi penipuan. Sebuah toko online terpercaya biasanya melampirkan alamat fisik atau minimal nomor telepon yang bisa dihubungi.

Kredit atau Debit

Bertransaksi online memang lebih nyaman jika menggunakan kartu. Namun anda sebaiknya menggunakan kartu kredit dibandingkan kartu debit. Ini dikarenakan kartu kredit merupakan ekstensi dari kredit sementara kartu debit langsung mengambil uang dari akun bank Anda. Tentu saja ini lebih bahaya sebab jika informasi tersebut bocor, hacker dapat dengan mudah membobol rekening anda.

Jangan Sembarangan Memberikan Informasi

Ketika akan melakukan transaksi pembelian, biasanya Anda harus mengisi beberapa data yang diperlukan seperti nama dan alamat. Seringkali, sebuah toko online juga akan berusaha mendapatkan informasi lebih yang akan digunakan sebagai strategi meningkatkan penjualan, seperti gaya hidup hingga pemasukan tahunan.. Jangan pernah menjawab pertanyaan yang dirasa mencurigakan. Kalaupun menemukan yang seperti itu, lebih baik tinggalkan dan carilah toko yang lain.

Simpan Password Dengan Baik

Website online shop mengharuskan setiap konsumen untuk log-in sebelum melakukan transaksi yang dilengkapi dengan username dan password. Buatlah password yang cukup sulit dan jangan tunjukkan pada orang lain untuk mengantisipasi terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

Dengan beberapa tips di atas, tentu membuat resiko terkenanya penipuan saat berbelanja online pun berkurang.

Sumber Penulisan/Daftar Pustaka : https://www.maxmanroe.com/

Sumber Gambar : https://www.maxmanroe.com/

Muhammad Ilham Alwaarist