Peran Data Science dalam Dunia Industri
Istilah “Data Science” (Sains Data) dalam penelitian yang dilakukan oleh William S. Cleveland (2001), menyatakan bahwa “Data Science: An Action Plan for Expanding the Technical Areas of the Field of Statistics“. Cleveland sudah menyampaikan bahwa Data Science sebenarnya adalah perluasan dari ilmu statistika ke arah teknis. Sedangkan berdasarkan penelitian Vasant Dhar (2013), data science adalah sebuah bidang ilmu yang menggunakan metode dan proses-proses ilmiah, algoritma, dan sistem untuk mendapatkan pengetahuan dan wawasan (insight) terdalam dari suatu data terstruktur (tabular) dan tidak terstruktur. Data science itu sendiri harus dapat mampu meningkatkan kemampuan analisa ke data dengan ukuran atau kompleksitas yang lebih besar (scalability), mampu memberikan hasil analisa secara real-time serta kreatif dan inovatif dalam merubah data menjadi nilai (values/solution).
Data science merupakan disiplin ilmu dalam memanfaatkan data berskala besar, baik terstruktur maupun tidak terstruktur, guna untuk membuat keputusan yang tepat. Data science memiliki penerapan di hampir setiap bidang dan juga diterapkan pada Industri 4.0. Data science menggunakan berbagai proses, metode ilmiah, dan algoritma untuk mengekstrak pengetahuan dari sejumlah big data. Itu dapat mengumpulkan sejumlah besar data industri, yang selanjutnya digunakan untuk meningkatkan efisiensi dan keandalan sistem manufaktur. Ini membantu menganalisis data dan menjadi penting untuk dunia perindustrian. Adapun beberapa penerapan data science pada dunia perindustrian adalah sebagai berikut:
Sebagai gambaran, mari kita lihat bagaimana ilmu data digunakan dalam layanan ojek online yang sering kita gunakan setiap hari. Dari setiap transaksi yang kami lakukan melalui ponsel kami, ojek online sebagai penyedia layanan memiliki data tentang tren pelanggan-jenis makanan yang kami pesan, jenis kendaraan yang kami gunakan, dan sebagainya. Semua transaksi pelanggan ini adalah data yang perlu dipelajari dan dianalisis. Akibatnya, keputusan bisnis dibuat yang lebih menguntungkan bagi perusahaan, seperti jenis promosi, harga, dll. Semakin akurat analisis data dan semakin baik keputusan yang diambil, semakin besar pula keuntungan perusahaan.
Salah satu penerapan yang paling diterapkan adalah pada e-commerce, dimana membantu e-commerce untuk membuat prediksi tentang untung, rugi, dan penjualan. Data science juga dapat mempengaruhi pelanggan untuk membeli produk perusahaan dengan menggunakan data pelanggan untuk mengevaluasi kebutuhan dan minatnya. Adapun cara data science mempengaruhi industri e-commerce adalah sebagai berikut, pertama, setiap kali pelanggan mencari produk apapun melalui internet, itu mulai memberi saran tentang beberapa produk serupa. Perusahaan menggunakan Data science untuk mempromosikan produk mereka sesuai dengan minat pengguna melalui sistem rekomendasi. Saran ini sebagian besar didasarkan pada riwayat penelusuran pengguna sebelumnya. Kedua, analisis sentimen pelanggan memungkinkan perusahaan untuk memprediksi ulasan pengguna pada produk mereka. Berbagai algoritma learning machine yang kompleks membantu menganalisis data yang ada di berbagai platform media sosial untuk melakukan analisis sentimen pelanggan. Ini akan membantu perusahaan untuk mengidentifikasi pandangan pelanggan tentang produk. Umpan balik ini akan membantu mereka meningkatkan produk mereka. Ketiga, data science juga digunakan untuk menghitung harga yang tepat dari produk dengan mempertimbangkan tren pasar yang berbeda, respons pengguna, dan masih banyak lagi.
Adapun penerapan Science data pada industri manufakturing. Saat ini, aplikasi Science data memainkan peran utama dalam industri manufaktur untuk meningkatkan sistem produksi dan pendapatan. Penerapannya dilakukan untuk menghitung efisiensi dan kinerja mesin, dilakukan pengumpulan data proses produksi. Kemudian, dengan menggunakan teknik Science data seperti visualisasi, perusahaan menganalisis jumlah produk yang diproduksi per hari. Juga, mereka melacak jumlah barang yang cacat dan penyebab cacatnya. Dengan bantuan data yang dikumpulkan, mereka dapat memprediksi pendapatan untuk tahun tersebut sesuai dengan kondisi sistem produksi saat ini. Setelah itu, perusahaan mengoptimalkan sistem produksi ini secara konsisten untuk meningkatkan kinerja dan pendapatan mereka. Selanjutnya, mereka perlu memeriksa keseimbangan antara permintaan produk di pasar dan pasokannya dan kemudian membuat produk tersebut sesuai dengan itu. Dengan bantuan teknik Science data, perusahaan dapat melacak pertumbuhan mereka. Inilah cara penerapan Science data dalam industri manufaktur membantu mereka tumbuh.
Strategi analisis prediktif yang menggunakan Science data membantu memantau fungsi organisasi secara keseluruhan. Dengan menggunakan analisis prediktif, perusahaan juga dapat membangun metodologi yang efektif untuk produksi yang efektif. Inilah cara penerapan Science data di bidang manufaktur meningkatkan produktivitas. Penggunaan Science data akan mendeteksi peristiwa kelebihan beban pada mesin dan kegagalannya serta mencegahnya. Menggunakan Science data dalam manajemen rantai pasokan memprediksi kemungkinan penundaan produksi atau pasokan di masa depan. Ini membantu produsen membuat dan menyimpan cadangan untuk pasokan sehingga dapat memelihara rantai pasokan. Selanjutnya, untuk mencegah kerugian bisnis, alat Science data menganalisis dan memperbaiki jadwal yang mengoptimalkan proses produksi pada industri manufaktur.
REFERENSI: