Perbedaan Text Editor dengan IDE

Dalam pengembangan suatu perangkat lunak, para pengembang menggunakan beberapa macam alat dan metode untuk melakukan pengembangan, debugging, pengujian, dan penyebaran perangkat lunak. Salah satu alat-alat tersebut adalah text editor dan integrated development environment (IDE). Secara garis besar kedua alat tersebut dapat menghasilkan hal yang sama, hanya saja fitur-fitur yang terkandung di dalamnya berbeda. Perlu diketahui bahwa IDE adalah suatu perangkat lunak yang dikembangkan dengan tujuan untuk menggabungkan beberapa fitur perangkat lunak menjadi satu, sehingga proses pengembangan akan menjadi lebih mudah dan efisien. Untuk penjabaran lebih jelasnya berikut adalah beberapa perbedaan dari text editor dengan IDE.

Program

Bentuk program dari text editor lebih sederhana jika dibandingkan dengan IDE. Text editor hanyalah suatu perangkat lunak yang didesain sebagai penyunting teks, sedangkan IDE adalah lingkungan perangkat lunak lengkap yang mengkonsolidasikan alat pengembang dasar yang diperlukan untuk membangun dan menguji perangkat lunak sehingga pastinya akan lebih kompleks dari segi program. 

Fitur

Jika dilihat dari nama jenis alatnya text editor adalah suatu perangkat lunak yang hanya dapat menyunting teks, namun juga terdapat beberapa text editor yang menyediakan fitur lain seperti syntax highlighting dan code completion. Berbeda dengan IDE, fitur-fitur yang terkandung dalam text editor secara umum sudah terkandung dalam IDE. IDE memiliki fitur yang kaya seperti debug, compile, execute, built-in documentation, version control, project management, code intelligence, dan lain-lain.

Hardware

Text editor sederhana umumnya memiliki harga yang lebih murah bahkan gratis jika dibandingkan dengan IDE. Text editor sederhana memiliki harga kisaran senilai $20. Sedangkan untuk kegunaan komersial harganya dapat mencapai $100. Text editor umumnya menggunakan sumber daya komputer lebih sedikit dibandingkan dengan IDE, sebaliknya IDE menggunakan sumber daya komputer dan ruangan memori yang lebih besar sehingga akan bernilai lebih mahal.

 

Sumber :

http://www.differencebetween.net/technology/difference-between-ide-and-text-editor/

Jeremy Saputra Tatuil