Creativefreelancer oleh Crowdbees

Crowdbees merupakan suatu platform yang memberikan sarana kepada mahasiswa BINUSIAN untuk menyalurkan bakat dan hobinya di bidang Creative (Art & Design) melalui kolaborasi bersama para profesional di dalam lingkungan BINUS. Adapun beberapa seminar dan talkshow untuk membahas Creativefreelancer dan beberapa topik penting dalam bidang tersebut yang berlangsung pada Rabu, 10 Mei 2023 pukul 09.00 – 17.00 WIB. Beberapa topik tersebut, antara lain: Branding, Illustration & Art, dan Film. Seminar-seminar tersebut diadakan di Auditorium Kampus BINUS Alam Sutera. Kegiatan ini diikuti oleh para aktivis dari berbagai himpunan dan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di BINUS.

 

Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan Kakak Candy Reggi Sonia, S.Ds., M.Ds. sebagai moderator rangkaian kegiatan ini memberikan sambutan pembuka. Seminar pertama yang memulai rangkaian kegiatan ini adalah seminar Organization Branding & UI/UX Product Design pada pukul 09.30 WIB. Pada seminar ini, hadir tiga pembicara, yaitu Bapak Dr. Arsa Widitiarsa Utoyo, M.Sn. (Lecturer of Visual Communication Design BINUS UNIVERSITY), Kakak Devina Adyasa, S.Sn. (UI Product Designer TOKOPEDIA), dan Kakak Eveline Irene Anton, S.Sn. (UX Product Designer GOJEK Indonesia). Pembicara pertama, yaitu Bapak Arsa, membahas tentang Organization Branding dan pengaruh penting yang dibawanya untuk sebuah organisasi. Selanjutnya, Kak Eveline membahas tentang UX Product Design. Setelah itu, Kak Devina  membahas tentang UI Product Design. Pada pengujung seminar, diadakan sesi tanya-jawab yang dipimpin oleh Kakak Reggi dan ketiga pembicara tersebut. Kegiatan ini selesai pada pukul 11.30 WIB. Setelah kegiatan seminar tersebut, para aktivis diinformasikan tentang platform Crowdbees dan Creativefreelancer dan juga tata cara pemakaiannya sampai pukul 12.00 WIB. Istirahat dilaksanakan dari pukul 12.00 sampai 13.00 WIB.

Selanjutnya, seminar kedua dalam rangkaian kegiatan ini adalah seminar Digital Illustration & Art yang dibawakan oleh dua pembicara, yaitu Kakak Muhammad Taufiq aka EMTE (Illustrator & Artist) dan Bapak Andreas, S.Sn., M.Ds. (Lecturer of Visual Communication Design Digital Illustration BINUS UNIVERSITY). Pembicara pertama, yaitu Kakak EMTE, membahas tentang pengalamannya dalam berkarir di bidang ini dan pembicara kedua, yaitu Bapak Andreas, membahas tentang unsur-unsur dalam suatu karya seni. Seminar ini mulai pukul 13.00 WIB dan berakhir pukul 15.00 WIB. Pada pengujung seminar, ada sesi tanya-jawab yang dipandu oleh moderator.

Seminar terakhir, yaitu seminar tentang Introduction to Screenplay (Film). Seminar ini berlangsung dari pukul 15.00 sampai 16.30 WIB. Ada dua pembicara untuk sesi seminar ini, yaitu Bapak Ekky Imanjaya, S.S., M.Hum., M.A., Ph.D. (Lecturer of Film BINUS UNIVERSITY) dan Bapak Yohanes Gatot Subroto, S.Kom., S.Sn. (Director & Founder Rumah Penulisan). Pembicara pertama, yaitu Bapak Ekky, membahas tentang peran screenwriting dan logline dalam suatu cerita dan pembicara kedua, yaitu Bapak Yohanes, membahas tentang latar suasana pada suatu bagian cerita. Pada pengujung seminar ini juga ada sesi tanya-jawab. Setelah itu, moderator membahas sekali lagi tentang panduan Crowdbees dan Creativefreelancer bersama pihak BINUS Digital sampai pukul 17.00 WIB.


Sebagai penutup acara, moderator menginformasikan tentang lomba yang bisa diikuti oleh para peserta di bidang topik-topik yang telah dibahas saat seminar dan perilisan Crowdbees oleh pihak BINUS Digital dan Corporate Marketing Communication (CMC) secara resmi. Dengan hal tersebut, rangkaian kegiatan ini telah selesai dan diharapkan para aktivis mampu bergabung Crowdbees sebagai Creativefreelancer dan mengembangkan bakat mereka dalam bidang kesenian.

Lie Reubensto