Rapat Besar Perdana HIMMAT 2023/2024

Rapat Besar Perdana Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMMAT) Universitas Bina Nusantara (BINUS) dilaksanakan pada Senin, 20 Maret 2023 dari pukul 21.00 WIB hingga selesai. Rapat ini dilaksanakan melalui aplikasi Google Meet. Rapat ini dihadiri oleh para aktivis dan pengurus HIMMAT baik baru maupun lama dengan jumlah sekitar 37 dari 39 total orang. Ada beberapa topik penting yang dibahas pada rapat ini.

 

Sebelum rapat dimulai, ketua HIMMAT periode 2023/2024, yaitu Yennifer, memberi sambutan untuk para hadirin di Meet. Setelah sambutan, ketua langsung masuk ke topik rapat. Demi kepentingan himpunan, Yennifer mengumumkan bahwa setiap kali rapat besar diadakan, semua aktivis dan pengurus harus ikut serta dan memerhatikan rapat yang berlangsung. Kemudian, Erin (Bendahara) menyebut bahwa mereka yang gagal melakukan hal tersebut akan didenda. Keputusan ini telah dibuat dan ditetapkan oleh Dewan Pengurus Inti, yaitu Yennifer, Erin, dan Jeremy (Sekretaris).

 

Setelah itu, ketua mengumumkan tentang program-program kerja yang akan diadakan HIMMAT untuk satu tahun kedepannya. Setelah menunjukkannya secara singkat, beliau meminta setiap PIC (Person in Charge) dari acara-acara tersebut untuk mengenalkan acara mereka dan progres-nya (jika sudah berjalan). Adapun beberapa acara yang disebutkan, seperti Fund Raising; Pengabdian kepada Masyarakat (PkM); Biology, Mathematics & Statistics Competition (BioMatics); dan HIMMAT Birthday & Hobby Competition yang sudah mulai berjalan. Ada pula acara-acara yang belum berjalan, seperti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) Calon Pengurus, Welcoming Party 2024, dan LDK Aktivis 2024.

 

Selanjutnya, Yennifer meminta Koordinator Divisi HRD dan PRI, yaitu Alexander dan Ruben,  untuk menginformasikan tentang tugas-tugas masing-masing divisi kepada para staf masing-masing divisi. Diinformasikan oleh Alex bahwa HRD memiliki dua cabang, yaitu Akademis dan Database. HRD Akademis bertugas untuk membantu mencari perlombaan yang dapat diikuti oleh anggota HIMMAT dan menyelenggarakan persiapan dan pelatihan untuk perlombaan tersebut, sedangkan HRD Database bertugas untuk melakukan pendataan terhadap aktivis-aktivis baru. Setelah itu, Ruben memberi informasi tentang divisi PRI. Mirip seperti HRD, PRI juga memiliki dua cabang, yaitu Website dan Instagram. PRI Website bertugas untuk membuat konten artikel dan news untuk dilampirkan di website HIMMAT, sedangkan PRI Instagram bertugas untuk membuat konten feeds dan story Instagram dari beberapa jenis peristiwa, seperti ulang tahun anggota HIMMAT, acara HIMMAT, hari raya nasional, dan lain-lain.

 

Rapat diakhiri dengan dokumentasi (screenshot) semua partisipan pada Meet. Setelah dokumentasi, ketua menutup acara dan mengucapkan terima kasih untuk semua partisipan yang telah hadir dan menyimak. Dengan diadakannya rapat besar ini, diharapkan HIMMAT dapat menjalankan program-program kerjanya dengan lancar dan dapat terus maju dan berkembang menjadi himpunan yang lebih baik lagi.

Lie Reubensto