Teknologi Terbaru di Bidang Elektronik

Di era globalisasi ini perkembangan teknologi berkembang sangat pesat. karena melihat perkembangan yang pesat tersebut, apalagi di zaman yang serba canggih ini tentunya teknologi juga harus ikut berkembang sesuai dengan zamannya. Berbicara mengenai perkembangan di bidang teknologi, berikut penemuan teknologi terbaru di bidang tersebut :

  • Biometric Sensor 

Biometric Sensor merupakan transduser yang mengubah perlakuan biometric (sidik jari, suara, wajah, dll.) seseorang menjadi sinyal listrik. Biasanya terdapat pada, sensor membaca atau mengukur tekanan, suhu, cahaya, kecepatan, kapasitas listrik, atau jenis energi lainnya. 

Perangkat biometric merupakan sistem tempat sensor biometric yang tertanam. Modul komunikasi, pemrosesan, dan memori biasanya ditambahkan untuk memberikan fungsionalitas tambahan yang tidak dapat dilakukan oleh sensor biometrik jika berdiri sendiri.

  • Wireless Charging 

Wireless charging merupakan transfer daya dari power outlet ke perangkat kita, tanpa memerlukan kabel penghubung. Hal ini melibatkan pad transmisi daya dan penerima, terkadang di dalam bentuk case yang terpasang ke perangkat seluler atau terpasang di telepon itu sendiri. 

Keuntungan dari wireless charging adalah lebih cepat dan mudah, karena tidak perlu mencolokkan dan mencabutnya setiap saat dan cukup meletakkan perangkat di atas wireless charging pads

Cara kerja wireless charging yaitu wireless charging didasarkan pada pengisian induktif, di mana daya dibuat dengan melewatkan arus listrik melalui dua kumparan untuk menciptakan medan elektromagnetik.

Ketika pelat magnet penerima pada perangkat seluler bersentuhan dengan pemancar atau setidaknya dalam kisaran yang ditentukan medan magnet menghasilkan arus listrik di dalam perangkat. Arus ini kemudian diubah menjadi arus searah, yang pada gilirannya mengisi baterai yang terpasang di dalamnya.

 

Sumber:

https://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007/978-0-387-73003-5_9 

https://www.pocket-lint.com/phones/news/140239-wireless-charging-explained 

https://www.kompas.com/skola/read/2020/10/26/152337669/sejarah-perkembangan-teknologi-informasi-dan-komunikasi?page=all

Moethia Shakira