Matematika dan Kehidupan

Matematika, suatu hal yang seringkali terlintas di dalam benak pikiran sebagai hal yang sulit. Banyak orang yang tidak menyukai matematika. Tetapi seperti yang kita ketahui, walaupun membenci matematika tentunya kita tidak bisa menyangkal bahwa matematika merupakan hal yang sangat penting dan sangat berguna bagi kehidupan. 

Matematika adalah suatu hal yang mendasari banyaknya ilmu-ilmu lain. Sehingga seringkali matematika dikenal dan dianggap sebagai ratunya ilmu. Matematika sangat berguna dalam perkembangan ilmu-ilmu lain, seperti ilmu ekonomi dan akuntansi yang membutuhkan matematika untuk melakukan perhitungan. Ilmu biologi dan kimia yang membutuhkan matematika dalam melakukan perhitungan zat-zat yang diperlukan. Ilmu fisika yang membutuhkan matematika dalam perhitungan berbagai hal yang diperlukan seperti massa beton, kecepatan, dan lain-lain. Masih banyak ilmu-ilmu yang didasari oleh matematika dalam pengembangannya. 

Selain itu, matematika adalah suatu hal yang dapat membentuk pola pikir. Matematika dapat membuat pikiran menjadi lebih kritis dan kreatif. Tentunya dengan menyelesaikan persoalan-persoalan matematika membuat kita dapat semakin mengembangkan pola pikir yang kritis, solutif, dan kreatif. 

Mendukung berfikir secara sistematis,  dalam mempelajari matematika banyak tahapan yang dilalui untuk mendapatkan hasil akhir. Tentunya hal itu akan mendukung kita berfikir secara sistematis dalam menemukan penyelesaian masalah sehingga dapat menghasilkan hasil yang sesuai. 

Dengan menggunakan matematika kita bisa menghitung laba rugi dengan efektif, menghitung peluang terhadap suatu hal, mendukung pembangunan tata kota, menentukan jarak, menentukan waktu, menentukan dosis dalam penggunaan obat, dan masih banyak lagi tentunya hal-hal yang berkaitan dengan matematika yang dapat membantu dan mempermudah kehidupan. 

Sumber : 

https://www.educenter.id/5-alasan-mengapa-pelajaran-matematika-penting-untuk-kehidupan-anda-di-masa-depan/ 

https://risetcdn.jatimtimes.com/images/2021/05/08/Ilustrasi-matematika-Ist-P14e5f6d17899c75b.md.jpg 

Maya Kartika Sari