Training Soft Skill 2021 : Making Sense of Problem Solving – System and Analytical Thinking

Pada era ini, semua orang semakin dihadapkan akan pentingnya soft skill bagi orang itu sendiri, organisasi, dan kehidupan sosial di masyarakat. Oleh karena itu, para aktivis Himpunan Matematika (HIMMAT) Universitas Bina Nusantara melakukan kegiatan training soft skill yang bertemakan “Making Sense of Problem Solving – System and Analytical Thinking” dan diselenggarakan pada Jumat, 16 April 2021. Training soft skill ini dilaksanakan pada 09:00 WIB dan kegiatan ini dilaksanakan secara online dikarenakan masa pandemi.

Kegiatan training soft skill ini yang dibawakan oleh Kezia Margaret dari Student Development Center (SDC) Universitas Bina Nusantara. Para peserta mendapatkan penjelasan mengenai pengertian masalah, tipe-tipe karakter seseorang dalam menyelesaikan masalah, dan cara untuk menyelesaikan sebuah permasalahan.

Selain itu, para peserta mendapatkan materi tentang cara mengidentifikasi sebuah permasalahan. Pada materi tersebut peserta dijelaskan bagaimana cara menemukan inti sebuah permasalahan, akibat dari sebuah permasalahan dan akar dari sebuah permasalahan. Lalu, peserta juga diajarkan untuk mengimplementasikan hal tersebut kedalam pohon permasalahan (problem tree).

Tak hanya itu, peserta juga mendapatkan materi mengenai pencarian solusi (Agreeing on solution). Pada materi ini, peserta diberikan pemahaman untuk menentukan solusi berdasarkan dampak (impact) dan kemudahan dalam pengimplementasiannya (ease of implementation).

Lalu, materi diakhiri dengan materi tindakan atas solusi (acting on solution). Pada materi ini peserta diberitahu cara untuk menentukan tindakan atau aksi untuk solusi yang telah dipilih sebelumnya beserta waktu untuk melakukan tindakan atau aksi tersebut.

Training soft skill diakhiri dengan foto bersama peserta dan pemateri, dimana training berakhir pada 11:20 WIB. Dengan dilaksanakannya training soft skill ini, diharapkan para peserta bisa memahami bagaimana cara mengidentifikasi hingga melakukan tindakan atas permasalahan yang akan dialami kedepannya.

Stefan Filbert