P2M HIMMAT 2021 : Memulai Tahun Baru Bersama HIMMAT

Setiap tahunnya, Himpunan Mahasiswa Matematika Binus (HIMMAT) mengadakan acara P2M. P2M, atau lebih dikenal sebagai pengabdian pada masyarakat, merupakan sebuah kegiatan komunitas untuk masyarakat umum. Pada tahun ini, HIMMAT fokus pada tema edukasi.

Untuk P2M tahun ini, HIMMAT mengadakan tiga kelas koding untuk tingkat SMA/sederajat yang diadakan pada tanggal 20 hingga 21 Maret 2021 beserta perlombaan Video Edukasi dengan tema Matematika. Dalam kelas ini, peserta dapat belajar 3 bahasa pemrograman yang berbeda, yaitu bahasa C, Java dan Python. Untuk itu, HIMMAT mengundang tiga dosen Binus untuk mengajar bahasa pemrograman masing-masing.

Kelas Bahasa C  yang diadakan pada tanggal 20 Maret 2021 pukul 13.30 WIB, di bawakan oleh Bapak Hanry Ham salah satu dosen teknik informatika di Binus University. Dimana kelas dihadiri oleh 18 Peserta dari berbagai asal sekolah.

Kemudian Kelas Bahasa Pemograman Java yang berlangsung pada tanggal 20 Maret 2021 pukul 13.20 WIB dibawakan oleh Bapak Rhio Sutoyo, S.Kom., M.Sc. yang juga merupakan dosen jurusan teknik informatika di Binus.

Lalu setelah selesainya kelas bahasa Java, langsung dilanjutkan kelas bahasa pemogramman Python pada pukul 15.20 yang dibawakan oleh Bapak Andry Chowanda S.Kom., MM., Ph.D., MBCS., CCP , dosen dan juga Head of Game Application and Technology Program di Binus University.

Kelas koding mengajarkan peserta tentang dasar pemrograman seperti, sintaks bahasa pemrograman, cara menggunakan library, tipe-tipe data, logika komputer dan lain-lainnya. Dari semua hal yang dipelajari, dosen membimbing peserta agar mereka dapat mengerti dan membuat program-program sederhana. Melalui ini, peserta dapat menerapkan ilmu yang didapatkan apabila mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan dalam bidang komputer.

Walaupun berbeda bahasa, pada dasarnya, bahasa pemrograman memiliki logika yang sama. Akan karena itu, HIMMAT mengadakan tiga kelas dengan bahasa pemrograman yang berbeda. Dengan begitu, peserta dapat membandingkan perbedaan dan kesamaan antara setiap bahasa pemrograman dan dapat memilih bahasa  pemrograman yang paling mereka sukai.

Pada akhir acara, ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada pembawa materi kelas dan juga dokumentasi bersama para peserta yang telah mengikuti kegiatan hingga akhir kelas.

Selain mengadakan Coding Class Online HIMMAT juga mengadakan lomba video dimana peserta harus membuat video edukasi yang bertemakan Matematika. Video dinilai berdasarkan Durasi, Kreativitas, Ketepatan dan Kesesuaian Tema. Dengan mengikuti perlombaan ini, peserta dapat mendapatkan Jam comserv (khusus untuk Binusian) serta kesempatan untuk memenangkan total hadiah Rp. 300.000,00.

Perlombaan P2M tahun ini dimenangkan oleh Angeline Prasetio – B24, diikuti dengan Belinda Gan – B24 untuk posisi kedua dan Sharen Ivana – B24 untuk posisi ketiga dimana hasil perlombaan tersebut diumumkan pada tanggal 25 Maret 2021 melalui postingan account instagram HIMMAT @himmat_binus. Kami berharap dengan diadakannya acara P2M HIMMAT 2021 ini para peserta bisa mendapatkan pelajaran berharga dan menumbuhkan rasa ketertarikan untuk belajar pada bidang komputer ataupun matematika.

Nobert Pratama