Lulusan Sistem Informasi Gak Jago Coding? Ini Dia 5 Pekerjaan SI yang Tinggi Peminat!

Sumber : pexels.com

Di tengah Revolusi Industri 4.0 pekerjaan IT memang sedang di butuhkan dan juga memiliki banyak peminat. Berbicara mengenai pekerjaan IT, kebanyakan orang mengira bahwa pekerjaan IT itu hanya dapat di kerjakan dengan lulusan teknik informatika dan ilmu computer saja, nyatanya selain jurusan tersebut terdapat jurusan lain seperti system informasi, teknologi informasi dan bahkan software engineering yang dapat bekerja dalam bidang IT. Jika teman-teman menyukai codiang jurusan diatas akan sangat cocok dengan teman-teman.

Ketika membahas mengenai jurusan-jurusan diatas, mayoritas orang akan selalu terfikirkan dengan coding dan pemogramming. Lalu untuk teman-teman yang ingin bekerja di bidang IT apakah bisa jika kurang menguasai skill coding? Tenang, tentu aja bisa dong karena tidak semua pekerjaan bidang IT berkutit dengan coding dan pemogramming. Seperti dalam jurusan system informasi, disitu teman-teman juga akan belajar mengenai manajemen system bahkan hingga proses bisnis yang benar. Nah kalo gitu langsung kita bahas yuk, pekerjaan bidang IT selain coding itu ada apa aja sih?

  1. System Analyst

Source : Kompasiana.com

System Analyst merupakan profesi dalam bidang teknologi informasi yang berfokus pada  penelitian, perencanaan, koordinasi dan pemilihan perangkat lunak dan sistem untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Bidang pekerjaan tentunya memiliki peranan penting loh dalam pengembangan suatu sistem.

Ketika menjadi system analyst, teman-teman dituntut untuk memiliki kemampuan analisis yang kuat dalam mengidentifikasi suatu masalah pada suatu organisasi dan kemudian merancang solusi terbaik dengan mempertimangkan potensi dan keterbatasan teknologi informasi.

  1. Database Administrator

Source: pexels.com

Database administrator (DBA) adalah seorang administrator sistem komputer yang bekerja secara khusus untuk melakukan pemeliharaan (maintenance) database dan mengarahkan semua kegiatan keamanan data. Seorang database administrator memiliki tanggung jawab utama untuk menjaga integritas data dan memastikan bahwa data dilindungi dari akses yang tidak sah masih tersedia untuk pengguna.

Selain itu, seorang DBA juga selalu terlibat dalam pelatihan staf dalam pengelolaan dan penggunaan perangkat lunak, merancang, menerapkan dan memelihara DBMS, menetapkan keijakan dan prosedur sistem operasi yang terkait dengan keijakan pengelolaan data perusahaan.

  1. IT Audit

Source : pexels.com

Seorang IT audit biasanya harus mengumpulkan dan mengevaluasi bukti untuk menentukan apakah sistem TI yang digunakan mampu melindungi aset perusahaan secara rutin. Selain itu seorang IT Audit juga harus dapat mengidentifikasi area risiko dalam penggunaan teknologi informasi dalam suatu perusahaan, setelah itu seorang IT Audit dapat memastikan bahwa ada pengendalian untuk risiko tersebut sehingga risiko tersebut dapat ditoleransi.

  1. UI / UX Designer

Source : pexels.com

Dalam pekerjaan, UI dan UX Designer sering sekali tidak dapat dipisahkan karena UI Designer bertanggung jawab untuk menentukan tampilan dan nuansa aplikasi atau situs web seperti mengatur tata letak, bentuk tombol hingga warna dalam aplikasi atau web tersebut. Sedangkan UX Designer menentukan seberapa mudah aplikasi dapat digunakan oleh pengguna dan seorang UX Designer akan terfokus dengan perasaan pengguna saat menggunakan aplikasi atau web tersebut.

  1. Business Analyst

Source : pexels.com

Seorang Business Analyst bertanggung jawab untuk menganalisis dan memvalidasi berbagai persyaratan untuk perusahaan dalam kebijakan atau proses bisnis perusahaan. Sebagai business analyst tentunya juga memainkan peran penting dengan menggunakan analisis nya seorang business analyst bertanggung jawab untuk menjembatani kesenjangan antara teknologi dan bisnis.

Nah itu dia prospek kerja bidang lulusan system informasi tanpa coding. Apakah temen-temen tertarik?

References :

ACTIVIST - B2024