5 Pekerjaan yang Paling HOT di Indonesia Versi Nadiem Makarim

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim menyebutkan lima pekerjaan yang dianggap paling hot di Indonesia saat ini. Paling hot maksudnya adalah yang paling banyak dibutuhkan saat ini. Hal itu disampaikan Nadiem di hadapan para milenial dalam gelaran Indonesia Millennial Summit (IMS) 2020 di The Tribrata, Jakarta, Jumat (17/1/2020). Pekerjaan itu ada di bidang analyst, researcher, UX design, software engineer, dan product management. “Itu adalah lima job yang paling hot di Indonesia saat ini,” kata Nadiem.

Mari kita mengenal lebih jauh lima job ini.

  1. Analyst

Analyst merupakan profesi yang bertugas menerjemahkan data menjadi laporan sehingga bisa mudah dimengerti oleh orang awam untuk kebutuhan pengambilan keputusan. Seorang analis memiliki peluang pekerjaan yang luas di berbagai bidang mulai dari teknologi, politik, kesehatan, ekonomis, pemasaran, bisnis, dan sebagainya. Di bidang apapun, seorang analis harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik, problem-solving, decision-making, inisiatif, teliti terhadap detail, dan memiliki kemampuan technical (meggunakan software dasar). Sebetulnya siapa pun dari latar belakang apa pun bisa menjalani profesi ini. Biasanya, yang menjadi analis adalah seorang lulusan matematika. Namun, para lulusan dari jurusan lain juga bisa menjadi seorang analis, contohnya jurusan Information Systems Accounting and Auditing yang bisa menjadi seorang business process analyst, business analyst, ERP analyst, dan system analyst.

  1. Researcher

Researcher/peneliti bertugas untuk mencari atau menemukan ide-ide baru yang bisa dimanfaatkan untuk pengembangan bisnis. Sebagai seorang researcher, diperlukan ketekunan, konsistensi, dan rasa ingin tahu yang tinggi. Sebab, researcher akan banyak bekerja dengan data atau informasi baru yang harus dianalisis untuk kemudian disampaikan kepada perusahaan. Profesi sebagai researcher telah dikembangkan oleh BINUS University dalam programnya yaitu 3+1 Enrichment Program. Terdapat 5 jalur dalam 3+1 Enrichment Program dimana salah satunya adalah jalur research/penelitian. Selama 2 semester, mahasiswa akan dibimbing oleh peneliti-peneliti dari dalam ataupun luar negeri.

  1. UX Designer

UX adalah kepanjangan dari User Experience. Profesi sebagai UX designer mulai disukai oleh milenial, sebab semakin banyak perusahaan berbasis digital yang membuka layanan lewat aplikasi atau web. UX designer bertanggung jawab untuk membuat desain suatu aplikasi atau website yang dapat menyesuaikan dengan perilaku dan kebutuhan pengguna. Sebagai UX designer, kamu harus mempertimbangkan faktor kenyamanan pengguna tanpa mengesampingkan sisi estetika.

Di BINUS University, UX termasuk dalam mata kuliah di berbagai jurusan seperti Sistem Informasi, Information Systems Accounting and Auditing, Computer Science, dan DKV (Desain Komunikasi Visual). Dalam mata kuliah tersebut, mahasiswa akan dibimbing oleh dosen dan asisten lab untuk membuat sebuah tampilan aplikasi atau web yang nyaman bagi pengguna menggunakan tools/software.

  1. Software Engineer

Profesi software engineer memiliki tugas untuk membangun produk perangkat lunak yang umumnya bisa kita temukan berupa aplikasi di layar handphone. Seseorang yang bekerja sebagai software engineer mengawali pekerjaannya dengan melakukan analisis kebutuhan pengguna. Kemudian, mereka akan mendesain, mengkonstruksi, dan menguji aplikasi menggunakan bahasa pemrograman sesuai kebutuhan pengguna. Ada banyak jenis software yang dapat dikembangkan oleh seorang software engineer, seperti sistem operasi, games, middleware, atapun aplikasi untuk bisnis. Perubahan dalam teknologi dan bidang spesialisasi baru membuat profesi ini berkembang dengan pesat.

  1. Product Manager

Inti dari pekerjaan product manager adalah menghasilkan produk baru dengan kualitas baik yang dapat diterima oleh pasar dan strategi bisnis dari produk tersebut. Ada kompetensi inti yang harus dimiliki setiap PM – banyak di antaranya dapat dimulai di kelas – tetapi sebagian besar dikembangkan dengan pengalaman, panutan yang baik, dan pendampingan. Beberapa kompetensi itu adalah melakukan penilaian pasar, kemampuan planning, mampu mengalokasikan sumber daya yang dimiliki, dan sebagainya.

Pekerjaan-pekerjaan diatas memang dikategorikan sebagai pekerjaan yang paling dibutuhkan, namun bukan berarti pekerjaan lain diluar 5 pekerjaan tersebut tidaklah dibutuhkan. Walaupun uang yang dihasilkan dari pekerjaan diatas lumayan besar, jangan jadikan uang sebagai dasar Anda mencari pekerjaan atau mengejar suatu profesi. Hal terpenting adalah Anda menyukai apa yang Anda lakukan/kerjakan.

 

Referensi:

https://blog.ruangguru.com/profesi-paling-dicari-di-indonesia-versi-nadiem-makariem

https://www.indeed.com/career-advice/careers/what-does-an-analyst-do

https://sis.binus.ac.id/

https://student.binus.ac.id/31-enrichment-program/

https://www.careerexplorer.com/careers/software-engineer/

Dhia - Komisi 2: Human Capital