Apa Itu E-Commerce?

Electronic commerce atau e-commerce adalah segala aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media elektronik atau yang biasa disebut online shopping. Meskipun sarananya meliputi televisi dan telepon, kini e-commerce lebih sering terjadi melalui internet.

Oleh karena pengertian tersebut, ada kesalahpahaman tentang e-commerce dan marketplace. Istilah e-commerce digunakan untuk mendeskripsikan semua transaksi yang memakai media elektronik.

Marketplace sendiri adalah salah satu model e-commerce, di mana ia berfungsi sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Penjual yang berdagang di marketplace hanya perlu meladeni pembelian. Semua aktivitas lain seperti pengelolaan website sudah diurus oleh platform tersebut. Contoh marketplace adalah seperti Shopee dan Lazada.

E-commerce juga terbagi dalam berbagai jenis, yakni:

  • Business-to-business (B2B)
  • Business-to-consumer (B2C)
  • Consumer-to-consumer (C2C)
  • Consumer-to-business (C2B)
  • Business-to-public administration (B2A)
  • Consumer-to-public administration (C2A)

Industri e-commerce berkembang sangat pesat di Indonesia belakangan ini. Bahkan, negara kita berada di puncak 10 negara dengan pertumbuhan e-commerce tercepat di dunia. Pada tahun 2018 sendiri, e-commerce di Indonesia memiliki pertumbuhan 78%. Dari angka pertumbuhan tersebut, 17,7% diantaranya merupakan transaksi pembelian tiket pesawat dan pemesanan hotel. Selain itu, pembelian pakaian dan alas kaki menyumbang 11,9% — sedangkan 10% berasal dari kosmetik dan produk kesehatan.

Perkembangan tersebut tentunya disebabkan oleh manfaat-manfaat yang diberikan oleh e-commerce, yaitu:

  • Jangkauan yang luas
  • Tidak dibatasi oleh waktu
  • Biaya yang lebih murah
  • Tidak perlu stok barang sendiri
  • Kemudahan mengelola transaksi dan pengiriman
  • Kerja dari manapun

Referensi : https://www.niagahoster.co.id/blog/apa-itu-ecommerce/

Tenra - Komisi 1: Training and Education