APA PERBEDAAN DATA ANALYST DENGAN BUSINESS ANALYST?

Di dunia IT, ada beberapa pekerjaan yang serupa namun tak sama. Diantaranya adalah perbedaan dari data analystdengan business analyst. Meskipun hampir serupa, namun ada perbedaan yang perlu kamu ketahui sebelum memilih untuk berkarier disalah satu profesi tersebut.

Diartikel ini akan kami kupas tuntas apa aja perbedaan dari Data Analyst dan Business Analyst. Berikut adalah perbedaan dari kedua tersebut yaitu:

TANGGUNG JAWAB

Sebelum memilih kedua profesi ini sebagai pilihan karir kamu, ada hal yang perlu diketahui yaitu perbedaan dari tanggung jawab kedua profesi ini.

Data Analyst memiliki tugas untuk mengumpulkan data, mengolah, dan menjelaskan hasil analisis dari data yang bisa berupa market trend atau informasi penting untuk membantu perusahaan dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Sedangkan Business analyst memiliki tanggung jawab untuk menganalisis laporan atau data yang membantu perusahaan untuk membuat keputusan bisnis yang baik.

KEMAMPUAN YANG DIBUTUHKAN

Seperti yang diketahui diatas bahwa kita perlu menganalisis dan menyampaikan hasil analisis kita kepada petinggi perusahaan maka skill utama yang patut dimiliki oleh seorang business analyst ataupun data analyst adalah kemampuan komunikasi dan kemampuan untuk bekerja dalam team yang baik.

Namun selain itu ada beberapa skills yang wajib dikuasai oleh dua profesi tersebut. Mari kita mulai dengan data analyst terlebih dahulu. Berikut adalah skill – skill yang wajib dikuasai oleh seorang data analyst yaitu:

  • Memiliki kemampuan analisis, mengolah dan menjelaskan hasil analisis data
  • Memiliki kemampuan matematika & statistik yang baik
  • Memahami Bahasa pemrograman yang memiliki fungsi untuk membantu analyst dalam proses pengolahan data seperti SQL (Structured Query Language), Oracle, Phyton

Selanjutnya adalah beberapa skill umum yang wajib dikuasai oleh seorang business analyst yaitu:

  • Memiliki kemampuan analisis, mengolah dan menjelaskan hasil analisis proses bisnis
  • Memiliki kemampuan untuk melaksanakan manajemen proyek
  • Memahami Bahasa pemrograman seperti SQL (Structured Query Language)
  • Memiliki kemampuan analisis yang kritis dalam memecahkan masalah bisnis perusahaan

Berdasarkan pemaparan diatas maka dapat disimpulkan bahwa data analyst lebih berfokus pada bidang pengolahan data sehingga lebih mudah dimengerti oleh petinggi perusahaan sedangkan business analyst lebih berfokus pada proses bisnis perusahaan dan bagaimana agar perusahaan dapat berkembang menjadi lebih baik.

Itulah beberapa perbedaan dari profesi business analyst dan data analyst. Semoga melalui artikel ini dapat membantu kamu memahami lebih baik perbedaan dari kedua profesi tersebut yang sekilas terlihat sama namun berbeda.

 

Referensi:

 

KOMISI 2 - KAREN - B2024