Pengertian serta simbol-simbol Activity Diagram

Source: Activity Diagram adalah – Pengertian, Simbol, Cara Membuat & Contoh Activity Diagram ~ Studi Elektronika (webstudi.site)

Pengertian Activity Diagram

            Activity diagram merupakan salah satu jenis diagram Unified Modeling Language (UML) yang menggambarkan alur kerja aktivitas sebuah sistem, program ataupun perangkat lunak serta orang yang melakukan aktivitas tersebut secara berurutan. Alur kerja aktivitas ini dimulai dari bagaimana sistem akan dimulai, kemungkinan-kemungkinan pilihan yang akan muncul, dan bagaimana sistem tersebut akan berakhir.

Simbol-simbol Activity Diagram

  1. Initial Node

Initial node adalah status awal yang digunakan sebagai penanda untuk menunjukkan dari mana titik awal sebuah sistem akan dimulai. Biasanya pada suatu activity diagram, hanya dapat memiliki satu initial node.

  1. Final Node

Final node adalah status akhir yang digunakan sebagai penanda bahwa suatu aktivitas di dalam diagram telah berakhir. Pada activity diagram, dapat memiliki beberapa final node.

  1. Activity

Activity digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang sedang dilakukan atau yang sedang terjadi di dalam sebuah sistem. Simbol activity pada activity diagram, biasanya diawali dengan kata kerja.

  1. Action Flow

Simbol ini digunakan untuk menghubungkan dari satu aktivitas ke aktivitas selanjutnya sesuai dengan alur kerja sistem.

  1. Decision Node

Decision node digunakan untuk menggambarkan suatu keputusan atau tindakan yang harus diambil pada kondisi tertentu. Decision node dipakai jika terdapat lebih dari satu pilihan aktivitas yang dapat dilakukan.

  1. Join

Simbol join digunakan untuk menggambarkan penggabungan dua atau lebih aktivitas menjadi satu.

  1. Fork

Simbol fork digunakan untuk menggambarkan pemecahan dari satu aktivitas menjadi dua atau lebih aktivitas yang akan dilakukan secara bersamaan atau parallel.

  1. Swimlane

Swimlane adalah tempat atau area yang digunakan untuk mengelompokkan aktivitas sistem sesuai dengan siapa yang bertanggung jawab untuk melakukan aktivitas di dalam suatu activity diagram.

References :

ACTIVIST - B2024