Tips Untuk Menghadapi Era New Normal

Setelah 3 bulan PSBB dan imbauan #dirumahaja digalakkan di Indonesia, pemerintah mulai memberlakukan era new normal dimana masyarakat diperbolehkan beraktivitas diluar rumah dengan tetap memerhatikan protocol kesehatan yang wajib diperhatikan agar keamanan bersama dapat tetap terjamin dan terjaga. Meski begitu, masih ada kekhawatiran mengenai wabah COVID-19 ini yang dikarenakan vaksin dan pengobatan yang belum ada. Namun, pencegahan dapat kita lakukan dan dapat dimulai dengan diri sendiri. Beberapa tips penting untuk menghadapi era new normal ini adalah:

  1. Tetap berolahraga rutin di rumah

Olahraga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan daya tahan tubuh. Olahraga disarankan dilakukan dengan rutin minimal 2-3 kali dalam seminggu selama 30-60 menit. Jenis olahraga yang dapat dilakukan bisa apa saja, bisa lari di treadmill, angkat beban dengan dumbbell, yoga, dan lain-lain.

  1. Mengonsumsi makanan yang sehat

US National Library of Medicine meneliti bahwa 80 persen sel imun terdapat pada saluran pencernaan. Dengan kata lain, konsumsi makanan bergizi memegang peranan penting dalam menjaga daya tahan tubuh. Kamu dapat mengonsumsi karbohidrat, protein, dan serat-serat seperti buah dan sayur. Kamu juga bisa mengonsumsi suplemen penambah imun tubuh seperti vitamin.

  1. Selalu menggunakan masker ketika harus keluar rumah

Kita diwajibkan menggunakan masker kain ketika keluar rumah. Karena dengan penggunaan masker, kita diharapkan dapat memperlambat dan mencegah penyebaran virus dari satu orang ke lainnya.

  1. Mengantongi hand sanitizer setiap bepergian

Karena pada era new normal kita akan lebih banyak beraktivitas di luar rumah, kita harus tetap menjaga kebersihan karena kita pasti akan melakukan kontak dengan benda-benda diluar. Maka, hand sanitizer disarankan digunakan setelah beraktivitas atau setelah melakukan apa pun.

  1. Hindari berkumpul pada tempat yang ramai

Ada baiknya bila kita tidak berkumpul pada tempat ramai untuk menghindari kontak langsung dengan orang lain yang kita tidak tahu keadaan kesehatan mereka.

Referensi:

https://www.insertlive.com/style/20200608103802-19-145085/7-tips-penting-menghadapi-new-normal-agar-tubuh-tetap-sehat

https://kumparan.com/millennial/4-tips-tetap-sehat-saat-menghadapi-new-normal-1taPZitLyj2/full

https://jogja.suara.com/read/2020/06/04/141500/peneliti-ugm-sebut-penerapan-new-normal-di-bulan-juli-belum-pas-alasannya

Iva - Komisi 1: Training and Education