Internet of Things : Pengertian, Sejarah, Perkembangan, Cara Kerja, dan Unsur Pembentuk

Source : https://www.dewaweb.com/blog/internet-of-things/

Pengertian IoT

Internet of things adalah suatu konsep atau program dimana sebuah objek memiliki kemampuan untuk mentransmisikan atau mengirimkan data melalui jaringan tanpa menggunakan bantuan perangkat komputer dan manusia.

Berbagai peralatan/mesin sudah dilengkapi dengan kecanggihan teknologi yang bisa memudahkan pekerjaan kita sehari-hari. Mulai dari mobil pintar (smart car) yang dapat berjalan tanpa dikemudikan oleh manusia, hingga Alexa yang dapat berbicara dan mengingatkan manusia untuk melakukan sesuatu, bahkan menjawab pertanyaan- pertanyaan penggunanya. Seluruh teknologi terbaru ini adalah bagian dari Internet of Things.

Sejarah dan Perkembangan Internet of Things (IoT)

Internet of Things atau IoT pertama kali dikemukakan oleh Kevin Ashton pada tahun 1999 di salah satu presentasinya. Kini banyak perusahaan besar yang mendalami Internet of Things seperti Intel, Microsoft, Oracle, dan masih banyak lagi.

Banyak yang memprediksikan bahwa IoT adalah “The Next Big Thing” dalam dunia teknologi informasi, hal ini karena IoT menawarkan banyak potensi yang bisa dikembangkan kembali. Contoh implementasi dari Internet of Things (IoT) seperti kulkas yang dapat memberitahukan pemiliknya via SMS atau email tentang makanan dan minuman apa saja yang sudah habis dan harus distok lagi.

Cara Kerja IoT

Cara kerja dari Internet of Things adalah dengan memanfaatkan argumentasi pemrograman, tanpa harus ada campur tangan dari manusia. Selain itu, interaksi ini bisa terjadi pada jarak sejauh apa pun.

Internet merupakan penghubung diantara interaksi mesin-mesin tersebut. Sedangkan manusia memiliki tugas hanya sebagai pengatur serta pengawas bekerjanya alat tersebut. Dalam mengkonfigurasi IoT, ada tantangan besar yang harus dihadapi, yaitucara menyusun konfigurasi komunikasinya. Sebab, jaringan ini sangat kompleks dan memerlukan suatu sistem keamanan yang ketat. Biaya yang terlalu mahal juga merupakan salah satu penyebab banyak produksi IoT berujung gagal.

Source : https://www.nesabamedia.com/pengertian-internet-of-things/

Unsur-Unsur yang harus ada di Internet Of Things

Berikut adalah unsur-unsur yang diperlukan dalam membentuk Internet Of Things Perangkat-perangkat ini sangat mempengaruhi bagaimana Internet Of Things bisa berjalan..

  • Sensor

Sensor dapat mendefinisikan instrument program serta mengubah IoT sebagai jaringan standar menjadi sistem aktif yang dapat diintegrasikan pada aktivitas sehari-hari. Sensor merupakan perangkat canggih yang bisa menangkap atau mendapatkan informasi terkait dari hal hal tertentu seperti sensor gerak, suhu, udara, panas, dan lainnya.

  • Konektivitas

Konektivitas berfungsi sebagai penghubung pertukaran informasi yang terjadi pada Internet Of Things. Konektivitas ini biasanya yang dibutuhkan harus stabil namun tidak perlu dalam bentuk yang besar karena IoT dapat menjadikan jaringan kecil berada di antara sistem.

  • Perangkat yang Berukuran Kecil

Perangkat kecil mendukung dan meningkatkan ketepatan, skalabilitas dan fleksibel dalam pengembangan IoT.

  • Kecerdasan Buatan

Source : https://www.aa.com.tr/en/europe/spain-to-invest-720m-in-artificial-intelligence/2063555

Kecerdasan buatan disebut juga sebagai Artificial Intelligence atau AI. Kecerdasan buatan membuat mesin-mesin dapat belajar dari pengalaman, melakukan tugas laiknya manusia, serta menyesuaikan berbagai input yang baru.

Referensi :

AISHA FREENA HARIANSYAH - KOMISI 2 - B2024