Metadata

Menurut Power Digital Marketing, metadata merupakan gabungan dari dua kata, yaitu “meta” yang berarti deskripsi atau definisi dasar, dan tentunya “data” yang merupakan kumpulan informasi. Metadata adalah ringkasan dari detail dasar data. Metadata membuat pencarian dan pemrosesan data menjadi lebih mudah dan cepat.

Metadata digunakan untuk memproses dan mengidentifikasi beberapa jenis informasi penting, yang memiliki banyak kegunaan, terutama dalam pemasaran dan penjualan pada bisnis. Tidak hanya itu, metadata juga berguna untuk keamanan, peringkat mesin pencari (contohnya Google), dan lain- lain. Metadata juga biasa digunakan untuk menyederhanakan proses di system ERP dan CRM, serta membantu menganalisis dan melacak data bisnis dari prosedur, metoed, dan pelanggan yang penting bagi perusahaan.

Fungsi Metadata

  • Identifikasi

Metadata memiliki fungsi untuk mengidentifikasi data dan mengelompokkan data tersebut berdasarkan karakter atau kategorinya. Contoh penggunaan metadata dalam identifikasi yaitu pada URI atau Unique Resource Identifier.

  • Manajemen dan Organisasi

Metadata juga dapat digunakan untuk mengidentifikasi siapa saja yang dapat mengakses data, aplikasi apa yang digunakan, dan apa yang dapat dilakukan pada data tersebut. Biasanya, fungsi manajemen metadata digunakan untuk menyimpan izin akses dan keamanan, sumber link, jenis file, tanggal, dan lain- lain.

  • Mencari data yang tepat

Metadata dapat membantu kita untuk mencari data secara cepat dan tepat. Metadata deskriptif adalah cara system mencatat data- data penting seperti topik, deskripsi data, dan kata kunci dalam menemukan suatu data.

  • Melacak dan memantau penggunaan data

Metadata dapat digunakan dalam proses pemasaran, dengan cara melacak jejak pelanggan pada suatu aplikasi atau website online dan menghubungkan data tersebut ke data lain. Contoh penggunaan Metadata dalam proses pemasaran yaitu pada e- commerce. Pada e- commerce, sistem dapat memprediksi barang yang disukai pelanggan sesuai dengan kebiasaan pelanggan.

Jenis- Jenis Metadata

  • Metadata deskriptif

Metadata deskriptif yaitu metadata yang dapat mengidentifikasi dan mendeskripsikan sumber data, yang biasanya digunakan untuk mencari dan mengelompokkan sumber. Metadata deskriptif sering digunakan pada website, dalam menyimpan informasi seperti judul, nama penulis, kata kunci, tahun terbit, dan lain- lain, untuk memudahkan dalam proses pencarian.

  • Metadata struktural

Metadata structural adalah metadata yang digunakan untuk menyatukan objek menjadi kesatuan yang terstruktur dan terhubung satu sama lain. Contohnya seperti e- book yang terbagi menjadi beberapa bab, metadata digunakan untuk mengetahui hubungan antar bab dan urutan pada bagian buku. Sistem dapat menampilkan daftar isi dan memudahkan pengguna untuk menemukan bab yang ingin dibaca.

  • Metadata administratif

Metadata administratif menyediakan informasi yang berguna dalam pengelolaan dan pengaturan sumber informasi, seperti kapan konten diciptakan, hak cipta, tipe file, dan lain- lain. Metadata administrated juga mengaatur siapa saja yang dapat mengakses file.

Ada dua metadata administratif, yaitu metadata right management dan metadata preservasi. Metadata right management adalah metadata yang berfungsi untuk memberikan informasi tentang kekayaan intelektual seperti lisensi. Metadata preservasi berguna untuk melestarikan sumber informasi untuk pengarsipan.

Resource :

  • https://glints.com/id/lowongan/metadata-adalah/#.YZ8IqdBBw2w
  • https://www.dictio.id/t/apa-yang-dimaksud-dengan-metadata/150482