Boost Up Your Self-Confidence!

Dalam kehidupan sehari-hari saat bersosialisasi dan berinteraksi, kita memerlukan kepercayaan diri. Kepercayaan diri dapat memberikan banyak manfaat kepada diri kita, salah satunya adalah mencerminkan diri kita sebagai individu yang mempunyai jati diri kuat.

Cara utama untuk membangun kepercayaan diri dapat diawali dengan berpikir positif. Berpikir positif dapat membuat kita merasa selalu optimis dalam menjalani atau menghadapi suatu rintangan yang berat dan tidak mencemaskan soal pendapat atau komentar orang lain tentang kita yang dapat menghambat perkembangan diri kita sendiri. Jika kita mempunyai toxic circle yang selalu menjatuhkan atau membandingkan kita dalam lingkungan pergaulan, maka jauhilah circle tersebut dan sibukkanlah diri dengan hal-hal positif untuk memperbaiki diri.

Cara kedua untuk membangun kepercayaan diri adalah dengan merawat dan menjaga diri kita serta mengekspresikan jati diri kita yang sebenarnya melalui tampilan. Contoh sederhananya adalah dengan mengganti gaya rambut atau gaya berpakaian sesuai dengan yang kita inginkan juga dapat meningkatkan kepercayaan diri. Memberi reward kepada diri sendiri dengan membeli sepatu baru ketika mendapatkan nilai bagus juga merupakan salah satu bentuk menyayangi diri sendiri. Jika kita menyayangi diri sendiri, maka disitulah letak kepercayaan dirimu akan meningkat.

Cara ketiga adalah dengan tidak membandingkan diri sendiri dengan orang lain. Setiap manusia mempunyai kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Tidak ada manusia yang sempurna di muka bumi ini. Oleh karena itu, belajarlah menghargai diri sendiri dengan menerima segala kekuranganmu. Hal dasar yang dilakukan untuk menerima kekurangan dirimu adalah dengan menghadapi rasa takut, belajar memaafkan dirimu sendiri, bersyukur, serta yakin dengan diri sendiri. Dengan menerima kekurangan diri sendiri, maka kamu akan merasa lebih bahagia dan dapat merasa lebih nyaman dengan dirimu sendiri. Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah mengambil keputusan dalam hidupmu.

Cara keempat untuk meningkatkan kepercayaan diri adalah dengan menemukan hobi atau minat kamu lalu mengasah bakat yang kamu punya. Dengan menekuni dan mengembangkan hobi kamu, maka kamu akan menyadari pada bidang apa kelebihan yang kamu punya. Hal ini dapat mengembangkan kepercayaan diri kamu untuk meraih keberhasilan pada bidang yang menjadi daya tarik kamu.

Cara terakhir yang paling dasar untuk meningkatkan kepercayaan diri yaitu dengan berbuat baik kepada orang lain. Hal-hal kecil seperti tersenyum ramah kepada orang lain tentunya akan mengundang aura positif bagi diri kamu dan orang di sekitarmu. Dengan berbagi dan suka cita memberi bantuan kepada orang lain maka aura positifmu akan terpancar dan memberikan kepercayaan diri.

Denise - Komisi 3: Public Relations