Web Designer VS UI/UX Designer, Apakah perbedaannya?

Web designer dan UI/UX designer seringkali disalahartikan oleh banyak orang sebagai suatu pekerjaan yang sama. Walaupun pekerjaan tersebut sama-sama berhubungan dengan design, akan tetapi dua pekerjaan tersebut memiliki peran yang berbeda. Berikut pengertian antara keduanya:

Web Designer

Web design adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk merancang dan menciptakan tampilan secara keseluruhan dari sebuah website untuk digunakan oleh para pengguna. Proses penciptaan ini dimulai dari perencanaan dan pembuatan elemen-elemen website, struktur tata letak, gambar, warna, hingga font, hingga grafik.

Sehingga, web designer dapat dikatakan sebagai seseorang yang bertanggung jawab atas tampilan dari seluruh isi website. Pekerjaan ini memerlukan kemampuan desain grafis untuk membuat desain website yang menarik, user experience design yang merupakan kemampuan pemahaman designer dalam pengalaman pengguna, pembuatan berbagai konten website, hingga kemampuan pemahaman coding yang berkaitan dengan website untuk membantu developer dalam membangun situs. 

UI/UX Designer

UI (User Interface) designer merupakan seseorang yang bertanggung jawab dalam mendesain interface perangkat lunak komputer, ponsel pintar, produk, dan lainnya secara menarik. UX (User Experience) designer merupakan pekerjaan yang berhubungan dengan meningkatkan kepuasan pengguna dari nilai guna, manfaat, dan juga kesenangan yang didapatkan oleh pengguna pada suatu aplikasi, situs, atau produk. Singkatnya, UI/UX designer merupakan orang yang menangani tampilan dari suatu produk, seperti aplikasi atau website.

UI/UX designer dalam melakukan pekerjaannya wajib memikirkan ekspektasi pengguna dan memahaminya, hingga mengevaluasi apakah produk yang dibuat sudah memenuhi ekspektasi dan keinginan dari pengguna.

Perbedaan antara Web Designer dan UI/UX Designer

  • Web Designer berfokus kepada pengembangan suatu website. Lalu web designer juga menyesuaikannya dengan bahasa pemograman yang dibutuhkan, mulai dari penyesuaian dengan browser hingga memikirkan bagaiaman sistem yang dibuat dapat berjalan pada sebuah website.
  • UI/UX designer tidak hanya berfokus kepada dalam pengembangan website, pekerjaan tersebut juga dapat berfokus dalam pengembangan aplikasi dan juga produk lainnya. UI/UX designer juga memiliki fokus yang sangat kompleks dimulai dari melakukan riset, desain, hingga evaluasi akhir.

Persamaan antara Web Designer dan UI/UX Designer

Setelah memahami perbedaaan kedua hal tersebut, saatnya memahami persamaan dari keduanya.

Keduanya sama-sama membuat produk yang memikirkan pengalaman dari penggunanya. Walaupun, website designer lebih berfokus kepada pengalaman pengguna dalam website secara spesifik, sedangkan UI/UX designer yang memegang desain dari produk secara umum.

Nah setelah mengetahui informasi diatas, diharapkan kamu tidak lagi bingung untuk membedakan dan memilih pekerjaan yang tepat untukmu, ya! 

Referensi:

https://www.garuda.website/blog/apa-itu-web-design/

https://campus.quipper.com/careers/ui-ux-designer

https://glints.com/id/lowongan/web-designer-vs-ui-ux-designer/#.YKTbTagzZPY

SITI RUQAYYAH KHALISHAH - KOMISI 1 - B2024