Bahasa Pemrograman

Reference: https://aie.edu.au/course/game-programming/

Pengertian Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman adalah instruksi yang diketik di komputer untuk memerintah sebuah sistem atau program. Bahasa pemrograman digunakan untuk memerintah komputer dalam memproses data seperti membuat sebuah website, aplikasi mobile atau games, mesin, dan artificial intelligence.

Sejarah Bahasa Pemrograman

Sejarah bahasa pemrograman dimulai dari abad ke-19, ketika Kiprah Ada Lovelace bertemu dengan Charles Babbage yang merupakan penemu perangkat komputer. Mereka membuat mesin analitik dengan menggunakan angka, huruf, dan simbol untuk mengoperasikannya. Namun, bahasa pemrograman pada saat itu sulit untuk dipelajari, dikatakan kurang praktis.

Maka dari itu, pada tahun 1950-an, bahasa pemrograman dikembangkan menjadi bahasa tingkat tinggi dengan bahasa-bahasanya ada FORTRAN (FORmula TRANslator), LISP, dan COBOL. Kemudian, bahasa pemrograman dikembangkan lagi pada tahun 1970 dengan munculnya bahasa Pascal dan C.

Pada tahun 1980-an, bahasa C++ dikembangkan dari bahasa C dan PERL Setelah itu, pada tahun 1990-an dan seterusnya, bahasa pemrograman yang terkenal pada sekarang ini adalah Python, Ruby, Java, PHP, JavaScript, serta bahasa HTML/CSS.

Tingkatan Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman memiliki 3 tingkatan, yaitu:

  • Bahasa Tingkat Tinggi

Bahasa ini paling sering digunakan untuk membuat suatu program berbasis data seperti website atau aplikasi mobile. Contoh bahasanya antara lain Java, PHP, Visual Basic, dan Delphi.

  • Bahasa Tingkat Menengah

Bahasa ini menggunakan angka, huruf, dan simbol untuk memerintah komputer. Contoh bahasanya seperti Assembly.

  • Bahasa Tingkat Rendah

Bahasa ini merupakan bahasa mesin yang menggunakan kode biner yang artinya menggunakan ones and zeros untuk melakukan instruksi di komputer.

Proses Pembuatan Program

  • Kompilasi

Kompilasi atau compiler bertugas untuk mengecek kesalahan di kode mesin. Jika tidak ada, maka programnya dapat berjalan. Bahasa yang menggunakan kompilasi adalah bahasa C++, Pascal, dan Assembly.

  • Interpretasi

Interpretasi bertugas untuk mengecek kesalahan di kode sumber dan dilakukan per baris. Bahasa yang menggunakan interpretasi adalah Python, Ruby, dan Perl.

  • Komplilasi dan Interpretasi

Bahasa yang menggunakan kompilasi sekaligus interpretrasi adalah Java. Java mengubah kode sumbernya menjadi bytecode (kode mesin), tetapi tidak dapat dijalankan. Untuk menjalankan bytecode Java, perlu menggunakan Java Runtime Environment supaya programnya dapat berjalan.

Penggunaan Bahasa Pemrograman Yang Terkenal

  • Java

Bahasa Java bisa digunakan untuk membuat aplikasi mobile, aplikasi desktop, aplikasi web, dan konesksi database.

  • Python

Bahasa Python bisa digunakan untuk membuat aplikasi web, aplikasi desktop, game, dan juga AI.

  • HTML/CSS

Bahasa HTML/CSS digunakan untuk membuat sebuah website dari segi kontennya dan juga tampilannya.

  • SQL

Bahasa SQL digunakan untuk membuat, mengakses, dan mengelola database dan database tersebut bisa digunakan di dalam sebuah website.

  • JavaScript

Bahasa JavaScript digunakan untuk menambah fitur yang bisa diinteraksi di dalam sebuah website ataupun aplikasi.

References:

CASEN CORNELIUS - KOMISI 3 - B2024