5 Situs Web yang Menguntungkan bagi Freelancers

Menjadi freelancer adalah pekerjaan yang cukup banyak dipilih khususnya oleh generasi saat ini. Freelancer adalah seseorang yang bekerja tanpa adanya ikatan jangka panjang dengan klien atau orang yang memberikan pekerjaan tersebut. Kontrak kerja freelancer biasanya hanya berisi proyek yang akan dikerjakan, biaya dan waktu pengerjaan, Untuk memulai kerja online atau freelance, Kita dapat temukan pekerjaan di website-website freelance atau penyedia kerja online.

Berikut ini adalah lima website yang cukup populer bagi freelancer:

  1. Freelancer.co.id

Freelancer.co.id sudah berdiri sejak tahun 2004 dan memiliki banyak member. Di Freelancer.co.id, Anda bisa menemukan berbagai proyek mulai dari IT, design, marketing, jasa penerjemahan, sampai jurnalistik. Detail pekerjaannya pun dijelaskan dengan jelas di setiap entri proyek. Anda akan melihat nama, deskripsi proyek, keahlian yang dibutuhkan, deadline, berapa orang yang melamarnya, dan berapa upah untuk pekerjaan tersebut. Salah satu fitur unik yang mereka tawarkan adalah Anda bisa menawar atau melelang bayaran untuk mengerjakan proyek tersebut. Selain proyek, Freelancer.co.id juga menawarkan kontes dimana Anda perlu bersaing dengan freelancer lain untuk mengerjakan proyek yang nantinya akan dipilih oleh klien. Pembayaran website ini menggunakan akun PayPal atau kartu kredit.

  1. Sribulancer.com

Sribulancer adalah salah satu website freelance yang populer di Indonesia. Sribulancer menjadi solusi atas permintaan dan suplai jasa khususnya jasa digital seperti jasa desain, website, konten, social media marketing, SEO, penerjemah, dan lainnya. Keunggulan dari website ini adalah dapat menerima pembayaran melalui transfer bank.

  1. Projects.co.id

Projects juga merupakan salah satu website freelance terkenal di Indonesia. Di Projects, Anda bisa menemukan freelance untuk IT, social media, SEO, dan digital marketing lainnya. Tidak hanya pekerjaan, Anda juga bisa melakukan transaksi jual-beli produk digital, lho! Produk-produk yang tersedia adalah eBook, desain kaos, website templates, dan masih banyak lagi.

  1. 99Design

Ini adalah layanan situs web di mana lebih dari 281.579 desainer dari 192 negara yang berbeda dapat terhubung ke klien potensial dan memamerkan karya mereka. 99Design adalah salah satu website freelance yang populer untuk desain grafis. Klien memberikan informasi tentang bisnisnya dan gambaran kasar tentang jenis logo yang diinginkannya. Kemudian, para desainer mengirimkan karya mereka dan klien dapat memilih yang paling disukai. 99Design juga menggunakan sistem kontes, dimana Anda akan memasukkan hasil karya Anda ke proyek tertentu dan pemilik proyek baru akan memilih mana yang paling mereka sukai.

  1. Gobann

Situs freelance yang satu ini memiliki sistem yang sedikit berbeda. Semua jasa yang ditawarkan di website ini memiliki harga yang sama rata yaitu Rp. 50,000. Jadi, Gobann memiliki dua menu utama, yaitu Kangtao dan Demand. Kangtao adalah freelancer yang ingin menawarkan jasa mereka, sementara Demand adalah permintaan jasa dari klien. Jenis pekerjaan yang ditawarkan di Gobann juga cukup banyak mulai dari programming sampai travel. Metode pembayaran yang disediakan di website ini adalah transfer bank, PayPal, dan T-Cash.

Selalu ingat untuk bisa bersabar dan terus mencari. Butuh waktu untuk dapat melihat hasil yang baik, tetapi ini dapat menjadi karir yang memuaskan setelah Kamu dapat lulus di tahap awal. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu sebagai freelancer.

Safira - Komisi 3: Public Relations